Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2012, 14:05 WIB

KOMPAS.com -  Biasanya yang terjadi semangat berolahraga menggebu diawal. Kemudian menyurut seiring waktu hingga titik nol. Mungkin awal-awalnya Anda akan mati-matian mengolah tubuh di gym hingga badan terasa sakit, istirahat tak berlatih beberapa hari kemuadian kapok berhenti di tengah jalan.

Jika menurut Anda berpikir bahwa satu jam waktu ke gym tiap hari akan membantu Anda mengikis lemak tubuh. Pikirkan ulang! Sebab kabar baiknya menurut studi cukup 30 menit.  

Dalam penelitiaannya para peneliti di University of Copenhagen membagi laki-laki yang kelebihan berat badan menjadi tiga kelompok, meminta mereka semua untuk mencatat jurnal makan harian.

Kelompok pertama tidak berolahraga sama sekali, kelompok kedua dilakukan setiap hari selama 30 menit (pada kecepatan moderat yang memungkinkan membakar 300 kalori). Lalu kelompok ketiga olahraga setiap hari selama 60 menit, pada intensitas yang sama seperti kelompok lainnya (membakar 600 kalori per latihan).

Tebak siapa yang kehilangan berat badan paling banyak setelah 13 minggu? Jawabannya kelompok kedua. Orang-orang dalam kelompok 30 menit hilang sekitar 3 kg , yaitu sekitar 80 persen lebih dari  yang para peneliti harapkan. Sementara itu, orang-orang dalam kelompok 60 menit kehilangan rata-rata 2 kg, berarti 20 persen kurang dari yang diprediksi para peneliti.

Mads Rosenkilde, Ph.D. kandidat di University of Copenhagen, Denmark dan penulis utama studi tersebut, mengatakan pada HealthySELF bahwa ia terkejut dengan hasil penelitian."Hal yang  mengejutkan adalah bahwa kelompok olahraga dosis sedang memiliki kehilangan massa lemak, yang hampir dua kali lipat dari yang  diharapkan," katanya. "Sementara itu, kelompok latihan dosis tinggi memiliki pengurangan yang lebih rendah dari yang diperkirakan ." Ternyata dosis latihan moderat  terbukti lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

"Ini merupakan studi yang sangat menarik yang bisa memiliki konsekuensi besar bagi industri kebugaran," kata Jim White, American College of Sports Medicine (ACSM) Certified Trainer Pribadi, HealthySELF.

Sebelum memangkas waktu latihan kardio Anda, Jim White memperingatkan kemungkinan bahwa bahwa kelompok 30 menit kehilangan berat badan lebih dalam jangka waktu penelitian karena kelompok 60 menit terlalu lelah untuk melakukan kegiatan lain sepanjang hari.

Bahkan, sensor gerak yang  dikenakan oleh semua orang menunjukkan bahwa senam dengan intensitas moderat, terlibat dalam kegiatan lebih banyak sepanjang sisa hari dibandingkan dengan kelompok 60 menit. "Itu menunjukkan pentingnya semua hal-hal kecil yang terjadi keseharian seperti jalan dari tempat parkir ke kantor. Atau memilih naik tangga ketimbang lift," kata Jim White.

"Ini adalah satu-studi jangka pendek yang perlu direplikasi, diulang dan diuji pada populasi yang lebih beragam, seperti perempuan dan berbagai kelompok umur," katanya. "Jangka panjang, penelitian ini dapat mengungkapkan bahwa kelompok 60 menit akan melampaui kelompok 30 menit dalam hal penurunan berat badan, karena otot akan terbentuk lebih kencang."

Berapa banyak latihan yang harus Anda lakukan untuk menurunkan berat badan? ACSM dan U.S. Department of Health and Human Services (HHS) merekomendasikan setidaknya 150 menit (dua setengah jam per minggu, atau lima kali @ 30 menit per sesi latihan) dari aktivitas moderat per minggu. "Ini adalah angka minimum untuk kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan," kata Jim White.

Untuk menurunkan berat badan, Jim White merekomendasikan olahraga 60-90 menit sehari, lima hari per minggu, yang dapat dipecah secara bertahap.
Intinya, setiap jumlah latihan lebih baik daripada tidak sama sekali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com