Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Surabaya Kecam Aksi Tawuran Pelajar

Kompas.com - 27/09/2012, 14:24 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan siswa SMA Ta'miriyah Surabaya menggelar aksi keprihatinan menyikapi maraknya aksi tawuran pelajar di Jakarta. Aksi tawuran menurut mereka bukanlah etika pelajar dan jelas mencoreng nama baik institusi pendidikan.

Aksi keprihatinan itu dilakukan Kamis (27/9/2012) di depan gedung sekolah SMA Ta'miriyah Jalan Indrapura Surabaya. Selain membentangkan sejumlah poster yang mengecam aksi tawuran, para pelajar juga menggelar aksi teatrikal tawuran. Selanjutnya dua di antarapeserta tawuran meninggal dan berdandan ala pocong.

Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan Sucipto mengatakan, aksi tersebut sekaligus mengkampanyekan bahaya tawuran bagi pelajar lainnya di Surabaya.

''Apapun alasannya, tawuran sangat merugikan semua pihak,'' katanya.

Di sekolahnya, lanjjut Sucipto, para siswa sengaja diarahkan kepada aktifitas yang lebih produktif dan mendidik seperti ekstrakulikuler dan sebagainya agar para siswa tidak terjebak dalam kegiatan negatif seperti tawuran.

''Kami juga sering libatkan banyak instansi dan lembaga untuk memberikan sosialisasi kepada para siswa tentang bahaya tawuran dan narkoba,'' terangnya.

Aksi tawuran di Jakarta, lanjut dia, lebih disebabkan karena lingkungan yang menganggap sebagai tawuran adalah kebanggaan. Namun di sekolahnya, yang dibangun adalah kebanggaan pada sebuah prestasi, bukan pada hal yang negatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com