Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Kedokteran Gigi Layani Masyarakat

Kompas.com - 01/10/2012, 18:47 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta melaksanakan Bulan Kesehatan Gigi dan Mulut (BKGN) 2012), dengan menyediakan layanan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat.

Kegiatan yang dimulai pada Senin (1/10/2010) hingga Rabu (3/10/2012) itu, melibatkan sebanyak 64 dokter gigi yang didampingi sekitar 224 mahasiswa kedokteran gigi dan 13 perawat gigi dari Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama).

Pada kesempatan itu, masyarakat akan mendapatkan pelayanan berupa penambalan sederhana yang tidak melibatkan perawatan syaraf gigi (menggunakan bahan tambal amalgam, komposit, atau glass lonomer), pencabutan tanpa komplikasi gigi sulung atau gigi tetap, pembersihan karang gigi, dan perawatan pencegahan gigi berlubang dengan aplikasi fluoride atau fissure sealant.

"Terkait edukasi sejak dini, kami juga mengundang sejumlah siswa-siswi dari SD binaan FKG Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), yang akan berpartisipasi dalam kegiatan BKGN 2012 kali ini," kata Drg Henny Krishnawati, selaku Dekan FKG Universitas Prof. Dr Moestopo (Beragama).

Ia menyebutkan, sekitar 400 anak dari sejumlah sekolah dasar di sekitar kampus akan mendapatkan penyuluhan seputar merawat gigi dan mulut, agar mereka dapat memahami dan menjalani perilaku baik menyikat gigi dua kali sehari dengan tepat, serta tentunya pelayanan perawatan gigi yang disediakan,

Di DKI Jakarta, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut masih perlu ditingkatkan. Dari data Riset Kesehatan Dasar 2007 menunjukkan bahwa sebesar 68,1 persen penduduk DKI Jakarta mempunyai pengalaman karies, dengan indeks gigi berlubang 3,66.

Dari hasil BKGN 2011 di FKG Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), sebanyak 81 persen dari 2.114 pengunjung masih memiliki permasalahan gigi.

Program BKGN 2012 merupakan bukti komitmen berkesinambungan antara PT Unilever IndonesiaTbk melalui brand  Pepsodent, dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI).

Tujuan diadakannya BKGN adalah mengedukasi masyarakat akan pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut dengan kebiasaan baik berkunjung ke dokter gigi secara teratur, dan menyikat gigi minimal dua  kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur untuk mewujudkan Senyum Sehat Indonesia.

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com