Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2012, 09:39 WIB

TANYA:

Dok, anak saya baru berumur 3,5 tahun, tetapi berat badannya sudah mencapai  25 kilogram. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara mengurangi berat badan yang berlebihan untuk putri saya? Setiap hari, ia memang selalu minum susu botol dan sulit untuk dilarang.
 
Eny, Sukoharjo

JAWAB :

Diet yang kurang seimbang, seperti terlalu banyak lemak dan karbohidrat seperti konsumsi susu yang berlebihan, disertai dengan aktifitas fisis yang kurang, dapat menyebabkan penumpukan jaringan lemak yang akan berakibat berat badan anak yang berlebihan bahkan menjadi obesitas.

Faktor "pembiasaan" dan "pembiaran" si kecil untuk minum susu botol yang berlebihan dapat mempengaruhi kondisi saat ini. Penting baginya untuk belajar menerima bahwa ia tidak boleh minum susu secara berlebihan dan mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi sesuai dengan kebutuhan.

Ada baiknya ibu berkonsultasi dengan ahli gizi anak untu dapat mengatur dan menyusun program diet yang tepat, yang dapat mencegah terjadinya obesitas tanpa mengurangi asupan zat-zat nutrisi yang dibutuhkannya untuk tumbuh kembang yang optimal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com