Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2012, 09:12 WIB

TANYA:
 
Dok saat ini saya tengah mengandung janin usia 10 minggu, saat saya kontrol ke dokter kandungan janin saya dinyatakan tidak berkembang karena tidak ada denyut jantungnya, tetapi dilihat dari hasil USG pembentukan kepala, tangan dan kaki sudah ada. Terakhir saya ke dokter saat usia kandungan 6 minggu dan masih berbentuk kantung kehamilan. Mohon penjelasannya dok mengapa bisa tidak terdeteksi denyut jantung janin? Terima Kasih
 
Dyah Ayu (26), Jakarta

JAWAB:

Ibu Dyah Yth,

Mohon tanya, apakah betul kehamilannya 10 minggu? Karena pada usia 10 minggu biasanya belum jelas betul bentuk janinnya. Kalau dilihat dari perkembangan hamil 6 minggu ke 10 minggu seharusnya jelas ada perkembangan, setelah hamil 10 minggu tidak ada denyut jantungnya.  Jadi diagnosis kasus ini adalah kematian mudigah hamil 10 minggu.

Penyebabnya kematian pada janin paling sering adalah kelainan kromosom atau genetik. Untuk pastinya pada saat dilahirkan ( kategori abortus ) bisa kita periksa kromosomnya. Kita juga harus periksa kemungkinan adanya infeksi. Permasalahan yang mungkin juga adalah salah periksa karena masalah alat atau pemeriksanya. Demikian ibu, semoga bisa lebih menjelaskan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com