Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2012, 10:33 WIB

KOMPAS.com – Yoga sebagai bentuk non-aerobik latihan telah lama digemari. Bentuk latihan dengan pose yang menggabungkan pernapasan, fleksibilitas, kekuatan dan keseimbangan.

Kabar baiknya, itu bukan hanya untuk orang dewasa. Bahkan, yoga adalah latihan yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak juga.

Lynne Beiger, pemilik dan pendiri  Back Bay Yoga dan Soul Yoga di Boston,AS, merekomendasikan dan menjelaskan lima pose yang bisa dilakukan anak-anak. Ini adalah aktifitas bugar yang bisa dilakukan bersama anak Anda.

Beiger juga mengungkapkan bahwa yoga tidak hanya baik untuk tubuh tapi pikiran juga. Latihan ini dapat membantu anak-anak rileks dan fokus.

1. Cat/Cow pose:
470_2517056

Ini adalah jenis pose latihan buat 'pemanasan'. Latihan ini baik untuk tulang belakang secara keseluruhan. Anak-anak akan menyukainya karena menyenangkan, mudah dan efektif.

2. Downward dog:
470_2517057

Salah satu pose yang paling dikenal luas, anak-anak pada usia berapa pun dapat belajar ini. Salah satu manfaat dari gerakan ini adalah menenangkan. Bisa dilakukan setiap saat atau sepanjang hari. Ini adalah latihan peregangan seluruh tubuh yang bagus.

3. Child's pose:
470_2517058

Pose yang satu ini menyeimbangkan anak-anak. Menempatkan kepala di bawah jantung  bagus untuk anak-anak karena menenangkan mereka.

4. Crow pose:
470_2517059

Baik untuk anak-anak karena mereka cenderung lebih fleksibel daripada orang dewasa dan yang pasti lebih ringan. Pose ini membangun konsentrasi yang besar. Tidak hanya akan menguji kemampuan mereka untuk melaksanakan gerakan tetapi juga menantang mereka untuk menahan pose.

5. Bridge pose:
470_2517060

Nah, pose ini  untuk memperkuat otot kaki, sendi lutut dan karena itu backbend yang akan meningkatkan fleksibilitas dan daya tahan tubuh. Ini juga bagus untuk peregangan bahu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com