Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periksa Gigi Gratis di RSGM Unpad

Kompas.com - 08/10/2012, 14:05 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadajaran dari Senin (8/10/2012) hingga Rabu (10/10/2012) memberikan layanan pemeriksaan gigi gratis sebagai bagian dari Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2012. Kota Bandung menjadi bagian dari rangkaian kegiatan yang dilangsungkan pada 11 kota mulai 12 September hingga 7 November mendatang.

Berdasarkan keterangan dari panitia acara, sebanyak 120 dokter gigi dan 350 mahasiswa kedokteran gigi bakal terlibat dalam layanan yang digelar di halaman RSGM FKG Unpad. Selama tiga hari ini, diharapkan bisa menjaring setidaknya 1.000 warga yang datang."Setidaknya dibagi rata, setiap hari sekitar 350 orang," ujar Grace Virginia Gumuruh, Kepala RSGM FKG Unpad, Senin (8/10/2012).

Dalam acara tiga hari ini juga dilakukan sosialisasi cara menyikat gigi yang benar. Pelajar sekolah dasar diajari oleh mahasiswi kedokteran gigi secara langsung dengan melihat model gigi yang dipegang mahasiswi. Di sana juga ada meja periksa untuk melihat kondisi gigi, diharapkan bisa mengantisipasi kasus karang gigi maupun karies.

Grace menuturkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mendekatkan masyarakat dengan layanan kesehatan gigi. Selama ini, yang ada di benak masyarakat adalah hal yang tidak enak seperti rasa sakit. Itu disebabkan karena pasien yang datang ke dokter gigi hanya saat kondisi sudah parah sehingga menimbulkan trauma.

Dia menerangkan, RSGM adalah pusat pelayanan gigi yang seharusnya dimanfaatkan oleh masyarakat karena memberikan pelayanan dengan harga lebih terjangkau daripada berobat ke tempat praktek dokter gigi. Meskipun ditangani oleh mahasiswa, bukan berarti kualitas pelayanan berkurang karena tetap diawasi dengan ketat. RSGM juga menjadi tempat pelatihan bagi residen atau calon dokter spesialis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com