Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2012, 17:10 WIB

KOMPAS.com — Hampir 450 juta orang di seluruh dunia menderita gangguan mental, dan sepertiganya tinggal di negara berkembang. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 8 dari 10 penderita gangguan mental itu tidak mendapatkan perawatan.

Kebanyakan penderita gangguan mental itu adalah korban yang selamat dari penyakit menular, bencana alam, dan perang.

Di Afganistan, mayoritas keluarga mengalami kehilangan setidaknya satu anggota keluarga selama 30 tahun periode konflik. Hampir separuh penduduk berusia di atas 15 tahun di negara tersebut menderita gangguan mental, seperti depresi, kecemasan, atau stres pasca-trauma.

Afganistan tidak sendiri. Hampir separuh populasi dunia tinggal di negara, dengan satu psikiater melayani 200.000 orang. WHO mengungkapkan, negara miskin cuma memiliki kurang dari satu dokter spesialis jiwa per satu juta penduduk.

Di negara-negara Afrika seperti Nigeria, seperempat pasien di pusat layanan kesehatan memiliki gejala depresi. Namun, hanya satu dari enam pasien yang mendapatkan perawatan. Di Ghana, pasien di klinik kesehatan mental dibiarkan kelaparan dan telanjang.

Pada bulan Mei 2012, dalam pertemuan para menteri kesehatan sedunia telah disepakati pentingnya resolusi kesehatan mental dan membuat komitmen baru untuk meningkatkan pemahaman terhadap isu kesehatan mental dan meningkatkan standar pelayanan di seluruh dunia.

Para pakar juga menyerukan perlunya gerakan global untuk menghadapi penyakit gangguan mental.

Dalam Hari Kesehatan Jiwa Ke-20 Sedunia yang bertema "Depresi: Suatu Krisis Global", disadari bahwa penanganan depresi dan kesehatan jiwa pada umumnya belum menjadi sebuah gerakan.

Penyakit yang ditimbulkan depresi beragam, antara lain gangguan kekebalan tubuh dan penggumpalan darah, sehingga penderita mudah sakit, mulai dari flu, kanker, hingga serangan jantung dan stroke.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com