Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2012, 14:06 WIB

KOMPAS.com — Berat badan kurang (underweight) jarang dipandang sebagai suatu masalah seperti halnya kegemukan. Padahal, berbadan kurus juga berisiko mengalami gangguan kesehatan dan tentu saja bisa membuat kepercayaan diri berkurang.

Ada banyak teori mengapa seseorang bisa memiliki tubuh kurus, mulai dari faktor keturunan, pola makan sedikit, hingga karena faktor stres. Beberapa jenis penyakit juga bisa membuat berat badan sulit bertambah, misalnya gangguan tiroid.

Berat badan terlalu kurus bisa menyebabkan tubuh kekurangan energi, kekurangan nutrisi, sistem kekebalan tubuh lebih lemah, berisiko osteoporosis, gangguan menstruasi, hingga komplikasi saat hamil.

Seperti halnya untuk menurunkan berat badan, upaya menggemukkan badan sebaiknya dilakukan dengan cara yang sehat, yakni meningkatkan asupan makanan bergizi dan tetap berolahraga.

Obat-obatan untuk menggemukkan badan sebaiknya dihindari karena umumnya hanya meningkatkan nafsu makan.

Berikut adalah beberapa kiat untuk membuat badan lebih berisi secara sehat dan aman.

- Buat jurnal pola makan

Tuliskan jenis makanan dan waktu Anda makan setiap hari selama beberapa minggu untuk mengetahui pola makan Anda dan mengidentifikasi kapan perlu menambah kalori.

- Tambahkan kalori

Coba menambahkan ekstrakalori sekitar 200 setiap hari pada awalnya.

- Fokus pada kualitas, bukan kuantitas

Meski Anda sedang berupaya untuk gemuk, keripik, soda, milkshake, atau cake bukan pilihan yang tepat untuk sering dikonsumsi. Lebih baik pilih makanan yang kaya nutrisi, seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran, serta protein tanpa lemak.

- Makan lebih sering

Jangan pernah melewatkan waktu makan. Sebaiknya Anda makan sekitar 5-6 kali dalam sehari dengan jumlah kalori ditambah sedikit dari total kalori harian.

- Camilan padat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com