Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diprediksi Macet, Sebaiknya Hindari Jalan Kebon Sirih

Kompas.com - 15/10/2012, 09:09 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Jakarta dari berbagai elemen berbondong-bondong mulai menuju Gedung DPRD DKI Jakarta yang berada di Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Hal yang sama juga terpantau di Jalan Medan Merdeka Selatan, khususnya di sekitar Balaikota Jakarta.

Sejak Senin (15/10/2012) pagi, aparat gabungan dari Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan sudah mengatur lalu lintas di beberapa titik. Di Jalan Kebon Sirih, diprediksi akan dipenuhi massa yang akan menyaksikan acara pelantikan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

Meski demikian, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengusahakan tidak akan melakukan penutupan jalan ataupun mengalihkan arus lalu lintas di Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, pada saat prosesi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI Jakarta, pukul 10.00 WIB. Namun, ada baiknya para pengendara menghindari jalan tersebut jika tidak berkepentingan.

Jalan Kebon Sirih tak ditutup karena merupakan kawasan perkantoran. Meski begitu, dengan banyaknya warga yang ingin menyaksikan langsung pelantikan di Gedung DPRD DKI Jakarta, kemungkinan jalan tersebut akan macet.

Untuk mengantisipasinya, warga yang tidak perlu melintas sebaiknya menghindari Jalan Kebon Sirih pada pukul 08.00 WIB-12.00 WIB.

Saat ini polisi dan Dishub DKI Jakarta juga berjaga-jaga di kawasan tersebut untuk mengatur arus lalu lintas. Jumlahnya mencapai ratusan personel.

Mereka bertugas mengatur lalu lintas di titik kemacetan, seperti di sepanjang Jalan Kebon Sirih, perempatan Kebon Sirih-Jalan Sabang, perempatan Tugu Tani, dan perempatan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Hingga saat ini, arus lalu lintas di beberapa titik ini sedikit tersendat karena banyaknya jumlah kendaraan, tetapi belum berdampak pada kemacetan. Pengguna jalan dari arah Jalan Kebon Sirih depan Bank Indonesia yang lurus menuju arah Tugu Tani akan diarahkan belok kiri menuju Jalan MH Thamrin dan berputar di Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Merdeka Selatan-Jalan Ridwan Rais-Tugu Tani.

Adapun pengguna jalan dari arah Jalan Medan Merdeka Barat yang menuju arah Tugu Tani melewati Jalan Kebon Sirih diarahkan belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Ridwan Rais-Tugu Tani.

Selanjutnya, pengguna jalan dari arah Jalan Agus Salim yang menuju arah Tugu Tani diarahkan melewati Jalan Wahid Hasyim-Tugu Tani.

Masyarakat yang menghadiri acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta diharapkan untuk memarkirkan kendaraan di area parkir IRTI Monumen Nasional, Monas.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di Lipsus: Jakarta1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com