Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajanan Gratis Tak Pakai Dana APBD

Kompas.com - 15/10/2012, 09:31 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelantikan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dimeriahkan dengan 120 gerobak jajanan gratis. Seluruh jajanan yang disajikan gratis merupakan sumbangsih sejumlah simpatisan pasangan gubernur terpilih.

Ketua koordinator jajanan gratis dalam acara pelantikan Jokowi-Basuki Nio Soeprapto mengatakan, jajanan gratis yang ada hari ini tidak menggunakan dana dari APBD DKI Jakarta. Semuanya diperoleh dari simpatisan yang menyumbang secara sukarela sebagai wujud syukur terpilihnya Jokowi-Basuki sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI.

"Ini di luar APBD, semuanya sumbangan para simpatisan," kata Nio saat ditemui Kompas.com di lokasi pelantikan, depan gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (15/10/2012) pagi.

Dijelaskan Nio, para simpatisan yang berpartisipasi tidak memberikan sumbangan berupa dana. Akan tetapi, sumbangan itu berbentuk gerobak berisi makanan beserta pelayannya yang kemudian dikoordinasikan menjadi satu bagian oleh koordinator jajanan gratis.

"Sulit menyebutkan berapa dana yang terkumpul. Semuanya tidak memberi dalam bentuk uang, tetapi sudah berisi gerobak makanan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, 120 gerobak jajanan gratis dibagi ke tiga titik lokasi. Beberapa gerobak disiapkan di sebelah kiri gedung DPRD (halte) untuk melayani masyarakat sebelum Jokowi-Basuki dilantik. Sementara dua titik lainnya berada di seberang gedung DPRD dan mulai melayani masyarakat setelah pelantikan selesai digelar.

Adapun acara pelantikan akan dimulai pukul 10.00 WIB dan selesai pukul 12.55 WIB. Sebanyak 2.000 tamu undangan akan menyaksikan acara pelantikan dari dalam gedung DPRD, dan warga masyarakat yang tak memiliki undangan dipersilakan menyaksikan dari luar.

Fraksi PDIP direncanakan bakal menggelar nonton bareng di area yang telah disediakan. Situasi lalulintas di Jalan Kebon Sirih saat ini relatif padat. Ribuan petugas kepolisian ikut mengamankan jalannya waktu pelantikan.

 Berita terkait lainnya dapat diikuti di Lipsus: Jakarta1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com