Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tengok Kali Jorok di Pademangan

Kompas.com - 16/10/2012, 11:06 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyambangi Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Sambil berjalan keliling di pemukiman dengan gang sempit, di RT 14 RW 01, Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Jokowi, sapaan akrabnya, meninjau kali-kali yang ada di sekitar permukiman padat tersebut.

Jokowi menyempatkan diri melihat drainase pada kali di sekitar permukiman warga yang begitu kotor, beraroma tak sedap, dan banyak sampah rumah tangga.

"Kayak tadi ada selokan yang sedimennya sudah penuh (sampah) kayak gitu, saya langsung perintah untuk bersihkan. Saya beri waktu satu minggu," kata Jokowi kepada wartawan, Selasa (16/10/2012) di sela-sela kunjungannya.

Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik kemarin itu menyatakan sudah berpesan ke perwakilan warga melalui RT dan RW di lingkungan yang terdapat kali dengan kondisi memprihatinkan itu.

"Nanti dari PU akan bantu karung, truk, mungkin juga untuk mengeruknya. Ya masyarakat juga harus bantu. Tadi saya pesen ke Pak RT supaya ada kerja baktinya juga dari masyarakat," Jokowi beri penjelasan.

Ia menyatakan, anggaran dana untuk membersihkan kali tersebut sudah tersedia, dan tinggal melaksanakannya. "Enggak usah rumit-rumit, wong duitnya ada semua kok," ujar Jokowi.

Jokowi tiba di Pademangan Timur menggunakan Kijang Innova hitam bernomor polisi B 1123 RFR. Ia menggunakan kemeja putih lengan panjang, celana hitam, dan sepatu berwarna coklat.

Kedatangan orang nomor satu di DKI Jakarta ini menyedot perhatian warga sekitar. Banyak warga yang menyapa, melambaikan tangan, mengambil gambar menggunakan handphone, atau berjabat tangan dengan Gubernur DKI Jakarta itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com