Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tolak Program Berbiaya Besar

Kompas.com - 17/10/2012, 19:24 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari kerja Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sudah masuk hari kedua. Tak menunggu lama, sejumlah kegiatan telah dilakukan, khususnya memetakan sejumlah masalah mulai dari kampung kumuh sampai kemacetan ibu kota.

Ditemui di Balaikota DKI Jakarta, Jokowi mengaku penentuan solusi dan kelanjutan pelaksanaan program yang belum selesai dilakukan oleh gubernur sebelumnya masih menunggu presentasi pihak terkait. Baginya, yang terpenting dari pelaksanaan semua program adalah tidak memakan biaya besar yang dapat memberatkan masyarakat.

"Misalnya soal monorail yang pekerjaannya sudah mangkrak selama tujuh tahun, kita lihat presentasinya. Kita eksekusi kalau tidak memberatkan masyarakat," kata Jokowi, Rabu (17/10/2012).

Setelah presentasi dilakukan, semua dapat terlihat jelas di mana urgensi dan biaya yang diperlukan. Meski sifatnya penting, Jokowi menganggap rasionalitas biaya merupakan hal yang paling penting. Ia tak ingin merealisasikan program yang memakan biaya besar dan membebani masyarakat.

"Setelah presentasi, yang terpenting adalah biaya. Jangan memberatkan masyarakat dan dilakukan secara pararel," tandasnya.

Untuk diketahui, dua hari ini Jokowi banyak menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI dengan mengunjungi beberapa wilayah yang memiliki masalah di DKI, seperti perkampungan kumuh di Jakarta Utara dan melongok kemacetan di Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di Topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com