Jumat, 21 September 2018

Health

Ngorok Picu Kematian Mendadak?

TANYA:

Dok, benarkah kalau orang yang mendengkur itu berisiko mengalami kematian mendadak? Kalau iya Bagaimana ngorok bisa menyebabkan kematian secara tiba-tiba. Saya jadi takut kalau tanpa disadari suami yang mempunyai kebiasaan  mendengkur mengalami hal yang mengerikan. Suami saya memang sering mendengkur meskipun ia tampak tidak memiliki keluhan berarti akibat dengkurannya itu.  Bagaimana sebaiknya untuk menghadapi masalah ini dok?

(Wati, 30, Bogor)

JAWAB :

Ibu Wati, mendengkur dapat merupakan gejala "Obstructive Sleep Apnea" (OSA).  OSA ditandai oleh tidur mendengkur dan ada periode henti napas dimana seolah-olah gejala mendengkur hilang padahal usaha bernapas masih ada.  Setelah itu penderita akan tersedak, terbangun, tidur kembali dan mendengkur lagi. 

Hal ini terjadi berulang-ulang dalam setiap kali tidur sehingga akan mengganggu kualitas tidur.  Pada siang hari penderita akan mudah mengantuk dan terganggu konsentrasinya. Dimana hal ini akan menurunkan kualitas hidupnya.  Pada jangka panjang, OSA akan meningkatkan resiko hipertensi, stroke dan serangan jantung. 

Serangan jantung inilah yang dapat menyebabkan kematian mendadak. Saat ini sudah dapat dilakukan skrining untuk mendiagnosis OSA dengan pemeriksaan Polysomnography (PSG) di RS Premier Bintaro.  Dokter THT turut berperan untuk melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis apakah ada kelainan THT yang dapat menyebabkan OSA tersebut.


Demikian, semoga menjawab pertanyaan anda

Dijawab oleh : dr. Ari Cahyono, SpTHT

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

Editor : Asep Candra