Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk ke Pariaman, Ada Pesta Tabuik

Kompas.com - 23/10/2012, 10:30 WIB

PARIAMAN, KOMPAS.com Pesta budaya "Tabuik" Pariaman tahun 2012 yang akan digelar dari tanggal 15 hingga 25 November diisi dengan kegiatan yang bernuansa Islami. "Kami berupaya memeriahkan pesta Tabuik dengan selingan kegiatan keagamaan seperti mengadakan pengajian yang melibatkan majelis taklim se-Pariaman," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman Tundra Laksamana di Pariaman, Selasa (23/10/2012).

Menurut Tundra, pada pesta Tabuik yang akan dilaksanakan selama 10 hari itu, panitia pelaksana bekerja sama dengan Tim Kurator Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang akan mengisi setiap hari acara dengan atraksi kesenian yang dikemas sedemikian rupa selama 10 hari menjelang puncaknya.

"Acara Tabuik ini merupakan kebudayaan masyarakat Pariaman yang terus dilaksanakan setiap bulan Muharram dan saat sekarang sudah menjadi kalender kegiatan budaya nasional," ujar Tundra Laksamana yang juga menjabat sebagai ketua panitia acara tersebut.

Kegiatan itu sudah menjadi agenda rutin. Pemkot bersama panitia beserta tim kurator berupaya mengemas pesta tersebut sebaik mungkin sehingga dapat memberi kesan lebih.

"Pada dasarnya pariwisata Pariaman terdapat dua unsur penting yang tidak dapat dipisahkan, yaitu wisata budaya dan wisata alam. Sementara itu, Pemkot Pariaman juga berkesempatan untuk mempromosikan wisata alam yang ada kepada setiap pengunjung acara tersebut." katanya.

Tundra menjelaskan, Tabuik merupakan wisata budaya dan tradisi masyarakat Pariaman yang digelar setahun sekali. Selain itu, daerah itu juga memiliki wisata bahari seperti Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gondoriah, dan juga ada empat pulau yang dapat dikelola sebagai obyek wisata bahari.

"Momen wisata budaya tersebut sekaligus merupakan kesempatan untuk mempromosikan wisata bahari yang ada di Pariaman," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com