Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2012, 11:30 WIB

TANYA : 

Dokter yang baik, saya sering tidur ngorok dan sewaktu bangun saya sering hidung tersumbat seperti flu ringan tetapi cuma selang beberapa menit seperti tidak flu lagi. Bagaimana caranya supaya saya tidak ngorok? Apakah hidung tersumbat juga menyebabkan ngorok? Apakah mengorok dapat diatasi dengan cara berlahraga seperti berenang ?

(Fendi, 21 tahun, Pekanbaru)


JAWAB :

Dear Fendi, pertama harus dicari tahu terlebih dahulu penyebab dari ngorok tersebut apakah disebabkan karena kelainan pada THT (spt : alergi, sinusitis dan retensi dari sputum yang biasanya sering terjadi pada pagi hari) atau karena ada sumbatan (Obstructive Sleep Apnea).

Disarankan, sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter THT dan melakukan Sleep Study agar bisa diketahui penyebab dari ngorok itu, setelah itu baru bisa di ketahui bagaimana penanganannya.  Namun pada umumnya memang benar hidung tersumbat bisa menyebabkan mengorok. 

Untuk mengatasi mengorok, sebaiknya menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga teratur, turunkan berat badan dan tidur dengan posisi miring. Berenang juga merupakan salah satu olahraga yang baik untuk melatih otot-otot pernafasan.


Dijawab oleh : Dr. Lanny S. Tanudjaja & dr. Rebeka Harjati Hadipradja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com