Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Kiriman Tiba, Ratusan Rumah di Rawajati-Cililitan Kecil Terendam

Kompas.com - 22/11/2012, 02:04 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir kiriman dari Bogor telah mencapai Jakarta sekitar sejam lalu. Akibatnya ratusan rumah di Rawajati, Pegadegan, dan Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan serta di Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur, saat ini dalam kondisi terendam air luapan Kali Ciliwung.

"Air naik sekitar 3,5 meter sejak jam 12 (malam) tadi," kata Usman, warga RT 02 RW 07 Rawajati, saat ditemui Kompas.com di kediamannya, Kamis (22/11/2012) dini hari.

Dalam pantauan Kompas.com, permukaan air telah mencapai permukaan jembatan Kalibata. Akibatnya, tumpukan sampah yang hanyut dibawa banjir tertahan dan menumpuk pada besi-besi rangka jembatan. Situasi ini dimanfaatkan sejumlah pemulung untuk memilah sampah.

"Kemungkinan masih akan terus naik sampai jam 03.00 WIB nanti. Untuk wilayah Pancoran, rumah-rumah yang sudah kena ada di Rawajati, Pegadegan, dan Cikoko," kata Kris, petugas pemantau banjir dari Kelurahan Rawajati.

Saat ini posisi air telah mendekati permukaan jendela beberapa rumah yang terletak paling dekat dengan aliran Kali Ciliwung. Warga pun terlihat beramai-ramai memindahkan perlengkapan rumah tangga ke pinggiran Jalan Kalibata Raya, sekitar kolong flyover, sebagai lokasi aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com