Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suporter Indonesia Berdatangan ke Bukit Jalil

Kompas.com - 25/11/2012, 16:09 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Ratusan suporter Indonesia sudah mendatangi Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, menjelang laga perdana tim nasional Indonesia kontra Laos dalam matchday pertama Grup B Piala AFF, Minggu (25/11/2012).

Ratusan suporter itu terdiri dari sejumlah pendukung klub Indonesia, di antaranya Bonek, Viking (Persib Bandung), dan The Macz Man (PSM Makassar). Pantauan Kompas.com, ratusan suporter tersebut sudah mendatangi Stadion Bukit Jalil sejak siang hari.

Meski terik panas matahari cukup menyengat, mereka tetap antusias dengan mengenakan replika seragam kebesaran "Merah Putih" sambil bernyanyi dan membentangkan spanduk bertuliskan "Bonek Malaysia untukmu Indonesia" dan Untukmu Indonesiaku Jiwa Ragaku Viking Indonesia".

"Untuk setiap kegiatan yang melibatkan timnas Indonesia pasti kita akan datang. Ini adalah bentuk dukungan kami para suporter untuk timnas yang akan berjuang beberapa jam lagi," ujar Aditia Gilang Rhamadhani (27), koordinator Bonek Malaysia, saat ditemui di kompleks Stadion Bukit Jalil.

Aditia menuturkan, ratusan suporter Indonesia yang datang hari ini sebagian besar berasal dari kota Damansara, Malaysia. Di setiap daerah kota tersebut biasanya dikomandoi satu koordinator wilayah yang akan mengkoordinasi para suporter untuk berangkat bersama-sama menuju Stadion.

"Yang suka sepak bola dan berada di satu kompleks, mereka akan patungan untuk biaya perjalanan. Tetapi ada juga yang biaya sendiri karena cenderung takut memakai baju timnas. Biasanya mereka akan mengganti baju saat tiba di stadion," ungkapnya.

Aditia mengungkapkan, dalam laga kali ini sekitar 600 suporter Indonesia akan memberikan dukungan kepada timnas. Menurut pekerja di perusahaan telekomunikasi tersebut, jumlah itu akan bertambah dalam beberapa hari ke depan karena Indonesia akan berhadapan dengan lawan yang tangguh yaitu Singapura dan Malaysia.

"Jadi kita harapkan pertandingan pertama ini Indonesia bisa meraih kemenangan agar bisa lolos ke babak final dan keluar sebagai pemenang Piala AFF tahun ini," harap Aditia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com