Minggu, 20 April 2014 20:10

BLOG EXPERTS KOMPASIANA / ARTIKEL

Bidan Romana Tari


Bidan Romana Tari hadir menjadi sahabat bagi perempuan dan keluarga, saling memperkaya informasi kaum perempuan di bidang kesehatan dan pengalaman sehari-hari dalam hidup.

Tip Atasi Nyeri Pinggang Saat Hamil

Penulis : Bidan Romana Tari | Jumat, 30 November 2012 | 13:37 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com - Saat hamil adalah saat yang paling istimewa dalam sebuah keluarga. Namun  kehamilan yang seharusnya dijalani sebagai sesuatu anugerah membahagiakan kadangkala harus diselingi dengan warna-warni keluhan  dari seorang ibu hamil.

Nah, apa yang bisa kita sumbangkan untuk membantu meringankan keluhan para ibu hamil. Apalagi jika ibu hamil itu teman satu kerja atau tetangga kita. Maunya sih kita bisa beri nasehat-nasehat untuk membantu meringankan keluhan, tetapi mungkin di antara kita ada belum pernah mengalami atau tiak tahu mesti beri informasi apa. Yuk, kita lihat beberapa tip untuk mengatasi nyeri pinggang pada ibu hamil

Mengapa ibu hamil mengeluh nyeri pinggang?

Perlu kita ketahui bahwa pembesaran rahim juga perut ibu akan menimbulkan peregangan dari otot otot tubuh ibu hamil, mulai dari pangkal paha, pinggang dan perut dan sepanjang tulang punggung. Peregangan ini merupakan hal normal dan wajar sebagai salah satu tanda bahwa tubuh ibu mempersiapkan ruang yang cukup luas untuk bertumbuhnya janin dalam  rahim.

Selain hal itu, pembesaran perut akibat kehamilan yang terus berkembang mengakibatkan keseimbangan tubuh ibu juga sedikit terganggu. Oleh karena itu, tak heran bila kita kadang melihat seorang ibu hamil berjalan cenderung mencondongkan tubuh ke arah belakang. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena akan membuat  rasa nyeri di bagian pinggang.

Upaya mengurangi nyeri:

- Bagi ibu yang bekerja dengan posisi lebih banyak berdiri, sebaiknya Pertahankan posisi sikap berdiri dengan tegak, punggung lurus dan sejajar bahu. Jangan membungkuk atau melengkungkan punggung ke arah belakang

- Bila duduk upayakan tulang punggung berada posisi sejajar dengan sandaran kursi  dan kedua kaki menapak pada lantai

-Hindari posisi berdiri terus menerus selama 6 jam

-Bila ibu hamil  bekerja di kantor dengan posisi lebih banyak duduk maka  jangan lupa selalu perbaiki posisi duduk atau lakukan koreksi posisi duduk setiap  beberapa saat berselang, bila perlu untuk mendapat posisi duduk yang lurus ganjal bagian punggung dengan bantal tipis

-Lakukan senam ringan untuk relaksasi pada saat jam istirahat kantor, mulai dengan  relaksasi  otot - otot leher, punggung dan pinggang, lakukan relaksasi dengan menarik  nafas panjang dan dalam lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Hal ini sebaiknya dilakukan setiap keluhan nyeri timbul

- Bila hendak ibu hamil harus melakukan gerakan membungkuk untuk mengambil sesuatu  di lantai maka posisi yang aman agar tidak menambah keluhan nyeri  pinggang adalah dengan sikap awal  berdiri tegak lalu tekuk salah satu lutut dan pertahankan punggung agar tetap lurus lalu pelan - pelan lenturkan punggung ke arah depan .Pada saat berdiri lakukan dengan hati - hati agar keseimbangan terjaga.

- Mandi air hangat atau berendam dengan air hangat yang sudah dibubuhi garam sambil dilakukan pijatan ringan pada daerah pinggan dan sepanjang tulang belakang punggung, arah gerakan melingkar.

- Posisi saat tidur terbaik bagi ibu hamil adalah posisi miring ke arah kiri untuk memperlancar peredaran darah  dari ibu ke bayi . Posisikan kedua kaki di ganjal bantal tipis di antara kedua lutut.

- Bila tidak ada larangan atau kontra indikasi dari dokter sehubungan dengan kehamilan maka ibu hamil disarankan agar melakukan olahraga senam hamil, latihan pernafasan juga jalan kaki setiap hari selama 30 menit sampai dengan 60 menit

- Terakhir, terimalah semua perubahan fisik dan psikologis selama kehamilan dengan hati yang besar, bersyukur atas kehamilan yang dialami dan terima semua itu sebagai salah satu warna- warni  pengalaman menjadi seorang ibu, jangan tenggelam dalam keluhan dan merasa sebagai beban. Ingat tak semua perempuan mendapat anugerah untuk bisa hamil, jadi bersyukurlah kendati harus merasa sedikit kurang nyaman.

Bila nyeri sangat mengganggu aktivitas dan tak tertahankan terutama pada bagian tulang ekor atau ibu pernah mempunyai riwayat sakit punggung akibat terjatuh dan mengalami HNP sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan tenaga kesehatan baik dokter maupun bidan yang merawat.

Salam hangat

 


Sumber :
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui