Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2012, 14:29 WIB

TANYA :

Dokter, saya sering mendengkur saat tidur dan itu sangat mengganggu orang yang tinggal di rumah. Dengkuran saya katanya seperti orang yang sedang makan gigi.  Katanya, hal itu disebabkan karena saya kecapekan. Tetapi walau seharian saya tidak berkerja, pada saat saat tidur malam, tetap saja saya mendengkur.  Bagaimana ya, cara mengatasi masalah ini?

(Sardi, 44, Bulukumba)


JAWAB :

Mendengkur disebabkan oleh adanya saluran nafas yang menyempit sehingga membuat getaran pada langit-langit di tenggorokan, hal ini dapat terjadi karena pembesaran tonsil / adenoid, rhinitis kronis, dan lain-lain. 

Perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab dari mendengkur tersebut, baru kemudian didapat solusinya. Lebih baik, Bapak konsultasikan dahulu dengan tim dokter di Sleep Clinic agar dapat diketahui penanganan lebih lanjut.  Dengan demikian, dapat diketahui tindakan apa yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang Bapak alami. Apakah memerlukan tindakan operatif atau hanya bersifat terapi.

Dijawab oleh :  dr. Rebeka Harjati Hadipradja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com