Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2012, 08:38 WIB

TANYA :

Dokter, hampir 1 tahun saya memakai behel gigi, tetapi saya tidak pernah kontrol. Saya selalu mengganti karet behel sendiri dengan cara saya membeli karet behel online, lalu saya memasang dan mengganti karet sendiri. Apakah itu berbahaya dok ? Trims

(Dilla, 16 th, Salatiga, 154 cm, 50 kg)

JAWAB :

Dilla yang baik,

Kontrol setiap 2 minggu, 3 minggu, atau 1 bulan sekali ke Dokter Gigi Spesialis Orthodonti (Drg., SpOrt) setelah pemasangan kawat gigi bertujuan untuk mengevaluasi pergerakan gigi anda, melihat fungsi alat yang terpasang di gigi masih bekerja dengan baik atau tidak, dan mengatasi segala keluhan pasien lainnya karena kawat gigi. Dokter Gigi akan mengganti atau menambah alat tertentu jika alat yang telah terpasang pada mulut anda sudah tidak berfungsi maksimal lagi, atau jika ingin melakukan penggerakkan gigi sesuai rencana perawatan awal.

Pemasangan karet yang dilakukan selain oleh Dokter Gigi, justru akan berefek tidak baik pada hasil perawatan kawat gigi. Mungkin saja pergerakan giginya menjadi terlalu cepat, sehingga hasilnya gigi akan bergerak hanya pada bagian mahkotanya saja, bukan bergerak seluruhnya sampai ke akar gigi. Sehingga hasil akhir perawatan kawat gigi akan kurang baik.

Maraknya penjualan kawat gigi, karet untuk kawat gigi, dan alat-alat kedokteran gigi lainnya yang dijual secara bebas untuk umum, memang membuat pasien menjadi tergiur untuk membelinya karena alasan lebih murah atau lebih praktis.

Namun, sebaiknya anda lebih jeli lagi, bahwa barang-barang yang dijual secara bebas tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Penting juga untuk diketahui bahwa setiap tindakan kontrol kawat gigi tidak sekedar hanya ganti karet gigi-nya saja.

Saat ini, sebaiknya Dilla kembali melakukan kontrol kawat gigi ke Dokter Gigi. Ingat kembali, apa tujuan awal Dilla dalam memasang kawat gigi. Jika ingin memperoleh susunan gigi yang teratur tanpa ada efek samping negatif, maka jangan melakukan penggantian karet sendiri lagi.

Tanyakan kembali kepada Dokter Gigi anda segala sesuatu yang berhubungan dengan perawatan kawat gigi, misalnya apakah fungsi setiap alat yang terpasang di dalam mulut anda, berapa lama durasi perawatannya, dan sebagainya, supaya anda tidak bingung, menjadi lebih paham, serta anda akan merasakan kenyamanan dalam menjalankan perawatan.

Demikian Dilla, semoga informasinya bermanfaat.

Salam gigi sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com