Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2012, 14:40 WIB

KOMPAS.com - Mungkin Anda berpikir bahwa berjalan kaki sambil berkirim pesan melalui handphone tidak lebih membahayakan daripada saat mengemudi. Namun ternyata sebuah penelitian menyatakan sebaliknya.

Berkirim pesan lewat handphone saat berjalan sama berbahayanya ketika sedang mengemudi. Penelitian tersebut mengatakan hampir satu dari tiga orang pejalan kaki menggunakan handphone saat sedang berjalan melintasi jalan, baik untuk menelepon atau berkirim pesan. Ini meningkatkan kemungkinan mereka tertabrak mobil.

Menggunakan handphone pada saat berjalan sama bahayanya dengan saat mengemudi, karena ini dapat memecah konsentrasi. Selain itu menurut ketua peneliti Dr Beth Ebel, Direktur Pencegahan Cedera Harborview dan Research Center di University of Washington di Seattle, Amerika Serikat, pejalan kaki yang menggunakan handphone saat berjalan dapat membahayakan pengemudi di jalan juga.

"Kita harus melakukan batasan-batasan tentang kapan dan di mana dalam menggunakan perangkat elektronik," katanya.

Menurutnya pula, sudah banyak larangan untuk menggunakan telepon saat mengemudi, namun masih menolerir saat berjalan. Seharusnya diadakan peraturan yang ketat agar orang tidak menggunakan alat elektronik meskipun saat sedang berjalan. "Sebagai pejalan kaki, Anda memiliki kewajiban untuk keselamatan Anda," katanya.

Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Injury Prevention ini mengamati sekitar 1.000 orang menyeberang 20 persimpangan sibuk di Seattle selama musim panas 2012. Tim Ebel membandingkan orang yang menyebrang jalan dengan kegiatan yang mengganggu seperti berbicara di telepon, berkirim pesan, mendengarkan musik, bicara pada orang lain, ataupun direpotkan oleh anak-anak atau hewan peliharaan.

Dari kegiatan-kegiatan tadi, rata-rata orang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melintasi jalan yaitu sekitar setengah hingga satu detik lebih lama. Meskipun mendengarkan musik dapat mempercepat waktu dalam melintasi jalan, namun kegiatan ini membuat orang "lupa" untuk melihat sekitar. Berkirim pesan adalah kegiatan yang paling berbahaya karena dapat membuat orang melintasi jalan 2 detik lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com