Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2012, 11:14 WIB

TANYA:
 
Kami punya anak perempuan berusia 4 th. Yang mau saya tanyakan anak kami sering basah di telapak tangan semacam keringat, jika mendengar pernyataan teman" anak kami mengalami gangguan di jantung, benarkah apa yang saya dengar, jika benar apa yang harus kami lakukan? Terimaksih sebelum dan sesudahnya. Wassalam.
(Edy, Tegal)

JAWAB :

Keringat berlebihan di telapak tangan dan/atau kaki bisa saja merupakan petunjuk adanya kelainan di organ/sistem tubuh, namun dapat saja merupakan variasi normal dari tubuh seorang anak. Pada kondisi hormon tiroid yang berlebihan (hipertiroid) dapat menyebabkan keringat yang berlebihan di telapak tangan dan kakinya, namun sudah tentu harus disertai kelainan-kelainan lain seperti jantung yang sering berdebar-debar, BAB yang lebih sering frekuensinya, berat badan yang tidak naik-naik, sering gemetaran, bola mata yang lebih menonjol, dan sebagainya.

Bila tidak disertai oleh kelainan-kelainan tersebut maka mungkin saja gejala berkeringat tersebut disebabkan karena kelenjar keringat di telapak tangannya lebih aktif dibandingkan bagian lain. Atau lebih karena faktor psikologis, gampang cemas, lebih sensitif/perasa, dalam tekanan psikologis yang berlebihan, dan sebagainya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com