Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2012, 12:40 WIB

Kompas.com - Kalau Anda yakin berlari di treadmill merupakan langkah efektif untuk menurunkan berat badan, pikir lagi. Menurut penelitian, berlari atau berjalan di treadmill hanya membakar kalori lebih sedikit dibandingkan dengan melakukannya di luar ruangan.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Strength and Conditioning Research itu dilakukan dengan mengamati energi yang dikeluarkan 14 orang muda. Perbandingan dilakukan antara berjalan di luar ruangan dengan di atas treadmill. Ternyata, berjalan di atas treadmill yang dimiringkan setara dengan energi yang dikeluarkan untuk berjalan di tempat landai di luar ruangan.

Menurut Luigi Fattorini, ketua peneliti, berlari di dataran yang tidak rata seperti di luar ruangan menghabiskan energi 10 persen lebih banyak dibanding berlari di treadmill. Selain itu, hambatan angin di luar ruang juga membuat kita mengeluarkan energi 5,5 persen labih banyak dibanding berolahraga di ruangan tak berangin.

Karena itu, untuk menyiasati agar kalori yang dibakar lebih banyak, naikkan derajat kemiringan saat berolahraga di treadmill.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com