Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2013, 07:51 WIB

TANYA :

Dokter, saya seorang mahasiswi program akhir.  Sekitar enam bulan yang lalu, saya mengalami trauma karena tidak lulus ujian skripsi. Kemudian timbul rasa takut pada dosen penguji. Selama 6 bulan, saya down, blank, tidak bisa berpikir normal, lebih suka menyendiri, menghindari publik, dan diam. Saya bahkan takut untuk pergi ke kampus dan bertemu dengan dosen. Motivasi dari teman, orang tua, dan dosen justru membuat saya semakin tertekan. Apakah gejala yang saya alami termasuk gangguan jiwa? bagaimana cara mengatasinya dokter? Terima kasih.

(Ririn, 22, Semarang)


JAWAB :

Ririn Yang baik,

Gejala yang Ririn alami memang merupakan gejala-gejala gangguan kejiwaan yang mungkin mengarah kepada suatu gangguan yang disebut Gangguan Penyesuaian (maladjustment disorder). Biasanya, gejala ini berlangsung ketika ada kondisi yang jelas yang memicu terjadinya gangguan pada pikiran, perasaan dan perilaku.

Gejala-gejalanya memang mirip depresi seperti yang disebutkan oleh Ririn, namun biasanya setelah masalah pemicunya usai, orang tersebut bisa kembali seperti biasa. Jika hal tersebut terus berlanjut dengan kualitas gejala yang semakin meningkat maka bisa mengarah ke diagnosis depresi.

Saya rasa ada baiknya Ririn berkonsultasi ke psikiater. Kelilhatannya pikiran rasional Ririn sudah mulai tidak bekerja secara optimal yang menandakan daya adaptasi Ririn terhadap masalah ini kurang baik. Untuk itu, perlu adanya orang yang bisa membantu Ririn melewati masalah ini. Semoga jawaban ini membantu.

Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com