Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2013, 13:19 WIB

Kompas.com — Para ahli sepakat bahwa terlalu banyak duduk merupakan sumber penyakit. Karena itu, Anda yang banyak duduk di belakang meja disarankan untuk memperbanyak waktu berdiri.

Jika kita berdiri sekitar tiga jam setiap hari, kita bisa mengikis 3,6 kilogram lemak dalam setahun. Demikian menurut peneliti bidang kebugaran John Buckley dari Universitas Chester, Inggris.

Buckley mengatakan, karyawan kantoran seharusnya mulai membiasakan diri untuk bekerja sambil berdiri. Ia juga mengatakan, meja komputer supaya didesain khusus sehingga lebih tinggi.

Ia menambahkan, mengubah kebiasaan bekerja sambil duduk menjadi berdiri akan mengurangi kegemukan dan memperlancar sirkulasi. Berdiri selama tiga jam akan menghabiskan 144 kalori.

"Kebanyakan orang duduk saat bekerja, lalu duduk di kendaraan, kemudian sampai rumah duduk di depan televisi. Kebiasaan itu akan menurunkan laju metabolik ke titik minimal. Ini tidak natural. Tubuh manusia diciptakan untuk berdiri dan bergerak," katanya.

Buckley adalah bagian dari kelompok pakar yang bekerja dengan lembaga kesehatan Inggris dalam upaya melawan obesitas.

Bahaya dari kebiasaan terlalu banyak duduk sudah dilaporkan dalam sejumlah jurnal kesehatan. Salah satunya menemukan kaitan antara banyak duduk dan risiko diabetes.

Sementara itu riset di Australia tahun 2012 menunjukkan, orang yang terlalu banyak duduk berisiko meninggal lebih cepat meski orang tersebut aktif secara fisik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com