Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2013, 11:41 WIB

KOMPAS.com — Berhati-hatilah untuk tidak meneguk kopi terlalu banyak. Kandungan kafein yang tinggi dalam dua cangkir kopi ditengarai akan menyebabkan seseorang bolak-balik ke toilet untuk pipis. Bukan cuma pada wanita, pada pria juga berlaku hal yang sama.

Karena itu, menurut dr Alayne Markland, peneliti senior dari Universitas Alabama, AS, orang yang sudah menderita inkontinensia urine atau ketidakmampuan menahan pipis sehingga urine keluar begitu saja di luar kendali.

Dalam penelitian yang dilakukan Markland dengan melibatkan 4.000 pria memang tidak membuktikan kafein menyebabkan mereka sering pipis. Namun, pria yang banyak minum kopi dalam penelitian itu cenderung memiliki masalah dengan menahan pipis dibanding yang minum sedikit.

Kafein bisa ditemukan dalam berbagai minuman, seperti teh, soft drink, dan makanan yang mengandung cokelat.

Secara umum, pria dalam survei itu minum kafein sekitar 169 miligram setiap hari. Jumlah itu sedikit lebih banyak dibanding yang biasa ditemukan dalam secangkir kopi, yakni 125 miligram.

Pria yang minum kafein sampai 392 miligram setiap hari risikonya sulit menahan pipis dua kali lebih besar. Jumlah cairan total yang dikonsumsi setiap hari ternyata tidak terkait dengan risiko menderita inkontinensia urine skala sedang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com