Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2013, 11:19 WIB

Kompas.com - Telepon seluler alias ponsel kini sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Tetapi, tahukah Anda bahwa ponsel yang jadi andalan untuk berkomunikasi dan mencari informasi itu juga bisa membuat kita sakit flu.

Virus influenza sangat mudah menular melalui udara, karena itulah selain lebih sering mencuci tangan dengan sabun, membersihkan ponsel di musim flu wajib dilakukan sebagai tindakan pencegahan.

"Ponsel sebenarnya 10 kali lebih kotor dari dudukan toilet," kata Chuck Gerba, profesor mikrobiologi dari Universitas Arizona.

Mengapa ponsel bisa menyimpan kuman? Ternyata masalahnya adalah tangan kita yang kotor setelah menyentuh berbagai permukaan lalu tanpa mencuci tangan langsung menyentuh ponsel.

Dalam percobaan yang dilakukan Gerba ia meletakkan virus flu dalam pegangan pintu di sebuah gedung kantor untuk mengetahui seberapa cepat virus itu menyebar.

"Jika Anda tidak meminjamkan ponsel itu pada orang lain jangan khawatir karena kumannya hanya dari Anda sendiri. Tetapi jika ada orang yang sakit flu di kantor maka sekitar 40 persen tangan orang di kantor itu akan terpapar virus yang sama dalam waktu satu jam," katanya.

Sayangnya menjaga kebersihan ponsel termasuk gampang-gampang susah. Jika kita membersihkan cuma dengan lap basah, tak akan bisa menghilangkan bakteri, kuman, atau virus.

Selain itu kebanyakan produsen ponsel tidak merekomendasikan penggunaan bahan yang lebih kuat seperti pembersih rumah tangga atau cairan berbahan alkohol untuk membersihkan ponsel.

Ditambah lagi tak banyak orang yang sadar untuk membersihkan ponsel mereka secara rutin meski sebenarnya dalam ponsel terkandung kuman yang terbawa dari toilet, ruangan, atau kendaraan umum.

Untuk mengurangi paparan kuman dari ponsel, memang disarankan untuk lebih sering menggunakan perangkat hands-free. Selain itu hindari menggunakan ponsel di dalam toilet.

Penggunaan pembersih berbahan alkohol sebenarnya cukup efektif untuk menghilangkan kuman tetapi bisa merusak lapisan ponsel. Beberapa produsen kini sudah mulai mengembangkan produk pembersih yang didesain khusus untuk perangkat elektronik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com