Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2013, 14:36 WIB

Kompas.com – Tubuh juga membutuhkan metabolisme yang cepat agar makanan yang Anda makan segera menjadi energi dan tidak bertumpuk menjadi lemak. Ada yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat metabolisme sekaligus menekan nafsu makan. Cobalah lakukan 5 hal ini:

1. Jangan lewatkan sarapan. Jika Anda sibuk di pagi hari, akan menjadi godaan yang besar untuk melewatkan sarapan, namun jangan biarkan ini terjadi. Tubuh Anda tidak diisi makanan semalaman ketika tidur, sarapan akan menjadi waktu makan terpenting dalam sehari.  Jika Anda melewatkan sarapan, tubuh akan kelaparan sehingga dapat memperlambat metabolisme. Ini berarti tubuh akan sangat lambat mencerna di waktu makan selanjutnya.

2. Mulai hari Anda dengan protein. Protein merupakan zat gizi yang penting untuk tubuh. Protein juga dapat membuat kenyang lebih lama. Oleh karenanya sertakan protein dalam diet Anda. Telur adalah pilihan yang baik.

3. Hindari sirup jagung tinggi fruktosa. Tidak semua gula itu sama. Meskipun konsumsi gula berlebihan dapat mengganggu kesehatan secara umum. Namun fruktosa dapat lebih berpengaruh buruk, karena konsumsi fruktosa tidak akan membuat tubuh merasa kenyang, meskipun sudah banyak mengonsumsinya.

4. Makan kacang-kacangan. Kacang mengandung banyak serat yang berarti tubuh memerlukan usaha lebih untuk mencernanya. Inilah yang menyebabkan metabolisme tubuh bekerja lebih cepat.

5. Makan makanan pedas. Studi menunjukkan lada hitam memiliki kandungan yang dapat mencegah sel lemak terbentuk. Dan cabai jalapeno dapat membakar lemak di sekitar perut.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com