Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2013, 10:15 WIB

KOMPAS.com — Kate Middleton sedang menjalani hipnoterapi untuk mengatasi gejala mual dan muntah di awal kehamilan serta hilangnya nafsu makan yang biasa disebut dengan morning sickness. Demikian yang dilansir dari International Business Times.

The Duchess of Cambridge yang diprediksi akan melahirkan anak pertamanya pada bulan Juli mendatang sudah menghabiskan waktu cukup lama di rumah sakit akibat hiperemesis gravidarum (HG), atau morning sickness berat yang dideritanya, pada bulan Desember.

"Kate masih terlihat mual saat menghadapi makanan,” kata teman Kate, Jessica Hay, seperti yang dilansir dalam majalah New Idea. "Dia terganggu dengan rasa mual yang biasanya diderita pada orang yang keracunan makanan.”

HG tentu tidak nyaman bagi setiap ibu hamil karena HG menyebabkan orang yang menderitanya mengalami mual dan muntah yang parah, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Pasien biasanya dirawat di rumah sakit sehingga mereka dapat memperoleh nutrisi melalui infus.

Hipnoterapi sendiri merupakan salah satu praktik yang banyak dipakai dalam bidang kesehatan jiwa untuk mengendalikan pikiran sehingga mampu memengaruhi tindakannya. Hipnoterapi sudah dipakai secara luas untuk mengatasi berbagai masalah, mulai dari yang paling ringan seperti mual kehamilan, depresi, fobia, hingga melepaskan diri dari ketergantungan narkoba.

Terdapat banyak teknik dalam hipnoterapi, seperti neuro-linguistic programming (NLP) yang menitikberatkan pada penggunaan bahasa, gerak tubuh, dan intonasi dalam menstimulus seseorang, penggunaan totok, hingga metode cognitive behavior therapy (CBT).

Namun, tidak dijelaskan teknik apa yang dipakai oleh Kate. Setelah keluar dari King Edward VII Hospital, Kate telah diminta untuk beristirahat sebanyak mungkin oleh dokter yang menanganinya. Hay mengatakan bahwa selama ini Kate hanya memakan makanan yang tergolong makanan ringan, seperti alpukat, oatmeal berry, dan brokoli.

"Kate masih sangat sulit untuk makan makanan lengkap dan sangat cepat kenyang," ujar Hay. "Hipnoterapi mungkin bisa membantu karena dapat menghilangkan setiap pikiran negatif yang berhubungan dengan makanan yang didapat dari morning sickness, dan menggantinya dengan keinginan untuk sehat, makan makanan yang bergizi," tambahnya.

Laporan menunjukkan bahwa Kate juga telah memulai sesi pilates tiga kali seminggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com