Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2013, 07:56 WIB

TANYA :

Dok, kenapa setiap kali berhubungan intim dengan suami, saya tidak bisa mengalami orgasme? Saya mesti menyentuh bagian paling sensitif dalam organ intim saya dulu untuk mencapai orgasme. Sehingga, selama ini saya sering memalsukan orgasme saya, dan melakukan masturbasi setelah hubungan intim, saat suami sedang di kamar mandi. Apa yang bisa saya lakukan untuk meraih orgasme penetrasi, tanpa saya harus menyentuh bagian sensitif tersebut? Sebagai informasi, saya menikah hampir 4 tahun. Terima kasih.

(Prita, 31, Solo)

JAWAB :

Kalau Anda dapat mencapai orgasme dengan masturbasi, tetapi tidak dengan melakukan hubungan seksual, berarti ada sesuatu yang menghambat. Yang pasti, sebenarnya tidak mengalami gangguan fisik yang menghambat orgasme. 

Ada tiga kemungkinan yang menghambat Anda mengalami orgasme. Pertama, posisi hubungan seksual tidak efektif memberikan rangsangan seksual bagi Anda. Kedua, ada hambatan psikis terhadap suami. Ketiga, fungsi seksual suami kurang baik.

Posisi yang efektif bagi perempuan adalah kalau memberikan rangsangan langsung pada klitoris atau daerah G-spot di vagina. Hambatan psikis misalnya ada sikap suami yang tidak Anda senangi. Fungsi seksual suami yang kurang baik misalnya ereksi tidak maksimal atau ejakulasi yang terlampau cepat.

Agar Anda dapat mencapai orgasme malalui hubungan seksual, cobalah pikirkan apa yang mungkin menghambat. Penghambat inilah yang harus disingkirkan dulu kalau Anda ingin mencapai orgasme melalui hubungan seksual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com