Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2013, 18:44 WIB

Kompas.com - Berolahraga di ruang terbuka hijau ternyata lebih memberikan manfaat psikologis dibanding berolahraga di pusat kebugaran. Olahraga di lingkungan yang hijau akan meningkatkan mood, kepercayaan diri, dan motivasi.

Meski begitu manfaat positif dari olahraga luar ruang itu hanya tampak jika olahraga dilakukan di lingkungan yang hijau saja. Demikian menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Environmental Science and Technology.

Penelitian dilakukan terhadap 14 mahasiswa yang diminta naik sepeda statis sambil menonton video berisi rekaman pemandangan alam. Kemudian para peneliti mengganti filter pada layar video dari hijau menjadi hitam putih selama 5 menit, kemudian diganti ke warna merah. Para peneliti menilai mood para partisipan ketika dilakukan pergantian warna filter.

Ternyata para partisipan mengaku merasa gangguan mood mereka berkurang dan tidak begitu lelah saat diberikan tayangan bernuansa hijau dibanding warna hitam putih atau merah. Saat menyaksikan filter berwarna merah mereka mengaku merasa sedikit marah.

Penelitian lain juga menunjukkan hasil yang mirip. Berolahraga di luar ruangan akan memberikan rasa nyaman dan mood yang lebih baik.

Warna hijau dan biru diketahui memberikan efek ketenangan, sementara merah dan kuning lebih merangsang. Para peneliti menyebut nenek moyang manusia mengaitkan warna hijau dengan sumber makanan dan air. Kaitan positif dengan warna hijau itu mungkin masih tersimpan dalam otak manusia yang telah berevolusi.

Beberapa penelitian memang menyebut adanya pengaruh lingkungan terhadap efek positif olahraga. Saat kita berolahraga, teman berlatih, bahkan orang di sekitar kita akan berpengaruh pada mood dan motivasi.

Karena itu, jika tujuan Anda berolahraga adalah untuk merasa lebih rileks atau meningkatkan level energi, mungkin ada baiknya Anda mencari lingkungan hijau untuk berolahraga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com