Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2013, 11:25 WIB

KOMPAS.com - Asam folat selama ini selalu direkomendasikan untuk ibu hamil, terutama untuk mencegah kelainan pada bayi seperti spina bifida (celah pada tulang belakang). Namun menurut studi terbaru, pemberian asam folat sebenarnya juga dapat mencegah autisme. Terutama jika diberikan sebelum kehamilan.

Studi yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) itu menjadi kabar baik bagi para ibu hamil. Terutama karena ibu hamil di zaman modern ini semakin khawatir dengan kondisi kehamilannya.

"Banyak wanita punya kecemasan dan stres selama kehamilan. Mereka khawatir dengan apa yang mereka makan, konsumsi atau kontak dengan lingkungan berpengaruh pada janinnya," kata Dr.Jennifer Ashton, kontributor medis senior dari ABC News.

Penelitian yang dimuat dalam JAMA itu menggunakan data Norwegian Mother and Child Cohort Study. Disebutkan, para ibu yang mengonsumsi asam folat 4 minggu dan 8 minggu sebelum kehamilan memiliki risiko 40 persen lebih rendah melahirkan anak penyandang autisme.

Meski masih diteliti kaitan antara autisme dengan asam folat, tetapi tidak disebutkan bahwa konsumsi asam folat selama kehamilan akan menurunkan risiko autisme.

"Kita tahu bahwa kekurangan asam folat akan menyebabkan gangguan perkembangan sistem saraf. Karena itu tak mengherankan hal itu juga berpengaruh pada perkembangan otak," kata Dr.Ari Brown, dokter anak di Texas yang tidak terlibat dalam riset itu.

The Norwegian Mother and Child Cohort Study mengikuti lebih dari 85.000 bayi yang lahir antara 2002 dan 2008 dan orangtua mereka. Sekitar 270 bayi yang lahir dalam periode studi menderita gangguan perkembangan spektrum autisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com