Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2013, 13:06 WIB

KOMPAS.com - Kanker paru mengalahkan kanker payudara sebagai penyebab utama kematian wanita akibat kanker di Eropa. Data di Inggris dan Polandia menunjukkan hal tersebut.

Tim peneliti melihat seluruh kasus kanker di Uni Eropa (27 negara di tahun 2007) dan juga beberapa negara secara individual seperti Prancis, Jerman, Italia, Polandia, Spanyol dan Inggris.  Pada tahun 2013, sekitar 82.640 wanita Eropa meninggal akibat kanker paru, sementara kanker payudara menyebabkan kematian 88.886 wanita.

Hasil penelitian juga menunjukkan,meski makin banyak orang yang terkena kanker, karena usia makin panjang, tapi secara umum angka kematian akibat kanker makin sedikit.

Walau angka kematian akibat kanker menurun, tapi kematian karena kanker paru meningkat di kalangan wanita di negara-negara Uni Eropa.

Kematian akibat kanker pankreas, baik pada pria atau wanita juga tidak menunjukkan angka penurunan. Diduga ini karena terapi pengobatan yang efektif untuk kanker ini masih sedikit.

"Ini mengkhawatirkan. Ini adalah penyebab utama kanker yang tidak menunjukkan penurunan di masa depan, meski orang yang merokok makin sedikit," kata Prof.La Vecchia, peneliti dari Universitas Milan, Italia.

Dia mengatakan banyaknya kematian akibat kanker paru pada wanita mungkin adalah wanita yang mulai merokok di tahun 1960-an atau 1970-an. Dalam beberapa tahun mendatang angka kematian itu akan berkurang karena saat ini jumlah wanita perokok makin sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com