Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2013, 18:54 WIB

KOMPAS.com - Bayi yang baru lahir perlu sering disusui agar tubuhnya punya daya tahan yang kuat. Rata-rata bayi baru lahir harus disusui antara 8-12 kali dalam satu hari, atau setiap 2-3 jam sekali. Namun, biasanya bayi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Lalu bagaimana cara yang tepat menyusui bayi saat ia sedang tertidur?

1. Jika ia sedang tertidur saat waktunya menyusu, maka Anda harus membangunkannya perlahan. Tunggu hingga terlihat tanda-tanda ia bangun seperti mata yang bergerak, atau suara rengekannya. Rengkuh bayi, usap lembut tubuhnya dan ajak ia bicara hingga ia terbangun. Bila perlu, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengganti popoknya atau memijat tubuhnya perlahan sampai ia benar-benar terbangun dari tidur.

2. Karena terlalu ngantuk, biasanya bayi sering tertidur selama menyusu. Bila hal ini terjadi, yang harus dilakukan adalah mengubah posisi menyusunya dengan lembut. Gerakan ini akan mendorong bayi terbangun dan kembali menyusu.

3. Ada saatnya ketika bayi sedang terbangun, ia justru tak bisa diam. Biasanya ia banyak bergerak sehingga sulit untuk menyusuinya. Cobalah untuk membuka pakaiannya, lalu dekap dan ayun perlahan. Anda juga bisa mengajaknya bicara atau bernyanyi. Cara ini umumnya bisa menenangkan mereka sehingga lebih mudah disusui.

4. Jangan biasakan untuk mengajak si kecil bermain di malam hari. Anda harus ingat bahwa, menyusui malam hari bisa dilakukan hanya bila ia bangun dan menangis. Cara ini bisa akan membantu mengajarkan bayi tidur sedini mungkin dan terlelap sepanjang malam sehingga Anda bisa beristirahat lebih panjang dan tenang.

Sumber: Buku Panduan Praktis Perawatan Ibu dan Bayi dari Johnson's Baby.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com