Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2013, 14:18 WIB

KOMPAS.com — Setelah bekerja sepanjang hari atau melakukan kegiatan melelahkan, tampaknya sulit untuk menikmati tidur malam yang cukup dan nyaman apabila pikiran masih didera stres. Padahal, di saat-saat lelah, tubuh sangat memerlukan waktu beristirahat.

Jangan khawatir, ikutilah kiat ini agar tetap mendapatkan kualitas tidur yang baik meskipun sedang dalam kondisi stres.

1. Jangan bekerja di tempat tidur, atau bahkan di kamar tidur

Adalah ide buruk untuk menjadikan tempat tidur sebagai tempat kerja "tambahan". Hal ini akan membuat Anda bertambah sulit untuk beristirahat di sana. Oleh karenanya, pastikan Anda tidak membawa laptop, ponsel, dan perangkat teknologi lainnya sebelum tidur. Cahaya yang dikeluarkan benda-benda tadi dapat mengacaukan siklus tidur alami tubuh.

2. Tidurlah pada jam wajar

Ketika pekerjaan menumpuk dan hampir mendekati deadline, sering kali kita memaksa untuk terjaga sepanjang malam untuk menyelesaikannya. Namun, terjaga sepanjang malam akan membuat lebih sulit untuk dapat berkonsentrasi di hari berikutnya. Dan, melakukan ini secara konsisten juga dapat memengaruhi kemampuan belajar serta berkontribusi pada kadar kecemasan. Maka, pastikan selalu melakukan tidur cukup dengan waktu yang wajar untuk terlihat lebih segar di pagi hari.

3. Tenangkan diri

Penting hukumnya untuk menikmati waktu untuk menenangkan diri di antara waktu selesai bekerja dan waktu naik ke tempat tidur. Cobalah untuk mandi air hangat dan meminum teh herbal. Ketika ada sesuatu yang membuat Anda khawatir dan membuat Anda terjaga, tulislah dalam jurnal Anda. Jika perlu, gunakan aroma terapi dan musik-musik lembut untuk lebih menenangkan Anda.

4. Tidur siang

Jika masih belum bisa juga untuk menikmati tidur malam yang nyaman karena stres yang mendera, gantilah waktu istirahat Anda di siang hari dengan tidur siang. Selama 10 hingga 20 menit tidur siang seharusnya cukup untuk bangun lebih segar. Tidur siang juga terbukti membuat tidur malam lebih nyenyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com