Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2013, 09:54 WIB

KOMPAS.com - Bergabung di situs jejaring sosial seperti Facebook (FB), terutama pada orang lanjut usia, ternyata dapat membantu otak tetap tajam sehingga mencegah kepikunan.

Tim peneliti dari Universitas Arizona menemukan, orang berusia di atas 65 tahun yang menggunakan jejaring sosial cenderung memiliki skor tes kognitif lebih baik dibandingkan dengan lansia yang hanya berselancar di internet atau yang tidak paham internet sama sekali. Memperbaharui status di FB juga diketahui meningkatkan perfoma mental para warga senior tersebut.

Para lansia yang aktif di FB memiliki performa yang lebih baik dalam mengerjakan tugas yang didesain untuk mengukur kemampuan memonitor dan secara cepat menambah dan menghapus sebuah konten.

Sebanyak 14 orang tua berusia 68-91 tahun mengikuti penelitian tersebut. Mereka terdiri dari orang berusia lanjut yang belum pernah menggunakan situs FB atau sebulan sekali melihat isi FB.

Para kakek dan nenek tersebut diinstruksikan untuk menambah "teman" dengan lansia lain dalam kelompok training dan diminta membuat posting di FB setidaknya sekali setiap hari.

Di kelompok kedua, para lansia hanya diminta menggunakan situs diari online. Sifat situs tersebut pribadi dan tidak bisa dibagikan. Rutinitas tersebut dilakukan selama 8 minggu.

Sebelum dites, para partisipan mengikuti sejumlah tes untuk mengukur tingkat kesepian dan dukungan sosial yang mereka miliki. Selain itu diuji juga kemampuan kognitifnya.

Hasil tindak lanjut penelitian menemukan, mereka yang belajar menggunakan Facebook memiliki hasil tes yang lebih baik dibanding sebelum mereka bergabung di FB. Hasil yang sama tidak ditemukan pada partisipan dari kelompok kedua.

"Perbedaan besar antara jurnal harian online dengan Facebook adalah, saat membuat jurnal kita hanya menyimpannya sendiri. Di FB, setiap hari selalu ada orang yang membuat posting hal baru sehingga kita secara konstan mendapat informasi baru," kata ketua peneliti Janelle Wohltmann.

Membaca informasi baru, fokus, dan menyimpan informasi lama di otak secara terus menerus akan membantu otak tetap tajam.

Beberapa permainan online di FB khusus untuk para lansia juga bisa membantu mereka menjaga kesehatan mentalnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com