Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2013, 09:59 WIB

Kompas.com - Pernahkah Anda merasa upaya diet yang telah dilakukan berakhir sia-sia, karena bukannya langsing berat badan Anda justru bertambah?

Anda tidak sendirian karena hampir sepertiga wanita yang disurvei menjawab berat badan mereka justru naik setelah menjalankan diet. Untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, ketahui 5 alasan yang menjadi pemicunya:

1. Keseimbangan tubuh terganggu
Sebuah survei di Inggris menemukan bahwa 1 dari 3 wanita mulai berdiet di usia 15-20 tahun. Kebanyakan menjalankan diet secara rutin 3 kali dalam setahun, dan sekitar 10 persen lima kali setahun.

Masalahnya adalah, seringkali metode diet yang dipilih terlalu ketat sehingga metabolisme terganggu dan menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh. Misalnya saja, membatasi lemak terlalu banyak bisa menyebabkan kelebihan karbohidrat yang tak bisa dibakar tubuh sehingga mengejutkan sel lemak. Diet ketat juga kerap menyebabkan nafsu makan meningkat.

2. Semangat naik turun
Salah satu hal yang membuat diet tak bertahan lama adalah mentalitas "on" dan "off". Saat sedang dalam posisi "on" kemudian karena suatu hal tidak disiplin, mereka sering merasa gagal dan kemudian kembali ke posisi "off" dan jatuh kembali ke pola makan kurang sehat.

Padahal, dalam hidup ini kita tak bisa selalu sempurna, termasuk dalam upaya penurunan berat badan. Jika Anda makan kebanyakan, tanyakan pada diri sendiri mengapa? Apakah Anda menjadikan makanan sebagai upaya mendapat rasa nyaman atau bahagia?

Penurunan berat badan membutuhkan konsistensi sehingga pendekatannya harus yang masuk akal. Siapa yang bisa tahan jika kita cuma makan 2 sendok nasi dan sayur setiap makan?

3. Mengasup makanan yang tidak disukai
Mewajibkan diri hanya mengonsumsi makanan tertentu yang tidak kita sukai akan menyebabkan rasa tertekan dan meningkatkan hormon stres. Tak jarang hal itu malah membuat kita menjadi "craving" alias sulit menahan keinginan ngemil.

4. Makanan "palsu"
Kini banyak tersedia makanan khusus diet yang sebenarnya ditambahkan berbagai zat perasa. Makanan siap saji yang diklaim ditambahkan zat gizi, yang tentu saja tidak alami. Zat-zat tersebut malah bisa bertindak seperti polutan bagi tubuh.

5. Banyak makanan terlarang
Menurut survei di Inggris, ada lima jenis makanan yang paling sulit ditahan, yakni cokelat, keripik kenting, keju, roti, dan wine.

Dalam konsep keseimbangan, sebenarnya Anda tak harus merasa bersalah jika mengasup sedikit cake atau cokelat. Tetapi batasi, jangan terlalu sering.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com