Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2013, 11:18 WIB

TANYA :

Prof, saya seorang laki-laki berusia 18 tahun. Saat ini, hampir sekujur tubuh saya tumbuh rambut-rambut halus, ada beberapa bagian sudah mulai panjang dan menghitam seperti di tangan dan kaki. Apa ini ada hubungan nya dengan masturbasi yang saya lakukan? Saya sering melakukannya sejak SMP. Yang saya tanyakan, bagaimana cara setidaknya memperlambat pertumbuhan rambut, sukur-sukur bisa menghilangkan rambut-rambut itu? Terimakasih atas jawabannya.

(Baskoro, 18, Semarang)



JAWAB :

Rambut pada bagian tubuh tertentu selain di kepala normal terjadi, yaitu di wajah, ketiak, tungkai bawah, lengan dan kelamin. Pada perempuan, juga dapat terjadi seperti pada pria, kecuali di wajah, walaupun pada tungkai dan lengan lebih jarang terjadi.

Tetapi karena gangguan tertentu yang berkaitan dengan hormon, perempuan dapat mengalami pertumbuhan rambut seperti pria. Saya tidak melihat langsung apakah keadaan pertumbuhan rambut Anda normal atau tidak. Yang pasti, tidak ada hubungan dengan masturbasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com