Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2013, 09:32 WIB

TANYA:
 
Dokter yang baik, saya mahasiswi yang punya masalah dengan haid. Entah mengapa haid saya sering terlambat dok, terkadang dua bulan sekali baru haid, padahal saya tidak hamil dan tidak melakukan hubungan seksual. Amankah kalau saya minum jamu-jamu pelancar menstruasi? Terima kasih infonya.

(Tiara, Bandung)


JAWAB:

Tiara Yth,
Siklus haid itu sangat tergantung dengan aktivitas fisik dan psikis. Selama tidak ada kelainan fisik, tidak ada kista atau miom, maka keadaan ini masih wajar. Silahkan kontrol dulu ke dokternya untuk cek fisik organ reproduksinya.

Jangan pernah mengatur haid dengan jamu-jamuan. Kalau perlu jangan minum obat. Tiara atur aja aktivitas nya, jangan stress, gizi yang bagus dan cukup istirahat. Buatlah keadaan hidup yang seimbang. Pasti haidnya akan teratur. Amin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com