Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2013, 09:33 WIB

KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, jumlah wanita berusia muda yang terdiagnosa kanker payudara stadium lanjut terus meningkat sejak tahun 1970. Di Amerika Serikat misalnya, dalam 30 tahun terakhir, jumlah kasus kanker payudara yang sudah menyebar (metastasis) pada wanita berusia di bawah 40 tahun meningkat tiga kali lipat.

"Angka peningkatan itu dapat dilihat dari jumlah 250 kasus per tahun di tahun 1976 menjadi 280 kasus di tahun 2009," kata Dr.Rebecca Johnson, direktur medis program onkologi pada remaja dan dewasa muda di Seattle Children's Hospital, Amerika Serikat.

Meski begitu, Johnson mengatakan peningkatan pastinya relatif kecil. Pada tahun 1976, jumlah kasus kanker payudara pada kelompok usia 25-39 tahun sekitar 1,5 per 100.000 wanita, di tahun 2009 naik menjadi kurang dari 3 orang per 100.000 wanita.

Jumlah kasus memang naik 3 kali lipat, tetapi lajunya meningkat karena populasi dasarnya meningkat pesat dalam 30 tahun terakhir.

Sebaliknya, tren tersebut tidak ditemukan pada kanker yang terdiagnosa lebih awal di kelompok usia muda atau didiagnosa di berbagai stadium pada kelompok wanita tua.

Johnson tidak bisa menjelaskan apa yang memicu peningkatan kasus kanker payudara, tersebut karena fokus penelitian hanya melihat jumlah wanita yang terdiagnosa di stadium lanjut.

"Wanita muda biasanya belum memiliki asuransi kesehatan. Selain itu kanker payudara di usia lebih muda juga cenderung lebih agresif dibanding pada wanita berusia lanjut," katanya.

Para wanita muda juga umumnya tidak percaya mereka bisa terkena kanker. Karena itu mereka jarang segera mencari pertolongan medis meski mungkin sudah mendapati gejala kanker.

Hasil penelitian ini tidak akan mengubah panduan skrining mamogram yang saat ini disarankan dilakukan di usia 40 tahun. Tetapi para wanita muda diminta untuk lebih peduli pada perubahan di payudara.

Dr.Courtney Vito, ahli bedah onkologi, mengatakan jumlah wanita muda yang terkena kanker payudara sebenarnya masih lebih rendah dibanding dengan wanita berusia di atas 40 tahun.  Tetapi pemeriksaan payudara sendiri sebaiknya menjadi hal yang rutin dilakukan.

"Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan lebih dari satu dokter jika mendapatkan ada benjolan di payudara sehingga bisa diketahui terapi yang paling sesuai," kata Vito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com