Selasa, 5 Mei 2015

Health

Ciri-ciri Kelebihan Kolesterol

Kamis, 7 Maret 2013 | 18:39 WIB

T:
Dokter yang terhomat, saya pria, suka sekali makan telur ayam. Tiap hari saya mengonsumsi telur ayam rata-rata 5 kali, tapi tiap hari saya juga olahraga. Masih amankah kadar kolesterol dalam tubuh saya? Bagaimanakah ciri-ciri orang yang kelebihan kolesterol dalam tubuhnya, dan apa dampaknya? Terima kasih sebelumnya. (Lukman, 21)

J:
Terima kasih kembali Lukman,
Telur merupakan sumber zat gizi yang penting bagi tubuh karena mengandung:
* Protein sebanyak 7 gr dalam 1 butir, dan terutama didapat dari putih telur.
* Kolin yang penting untuk fungsi mental, memori, dan menjaga kadar homosistein, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.
* Selenium, vitamin A, B, E, lutein, dan zeaxanthin yang berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah proses penuaan, dan lain-lain.
* Kolesterol terutama pada bagian kuning telur. Diperkirakan 1 butir kuning telur mengandung sekitar 274 mg kolesterol.

Kebutuhan kolesterol dalam makanan agar tidak terjadi peningkatan kadar kolesterol dalam darah, sebaiknya sekitar 300 mg per hari. Mengonsumsi 5 butir kuning telur per hari berarti sudah mendapat sekitar 1300 mg kolesterol per hari.

Jika hal ini dilakukan terus-menerus tentu saja akan meningkatkan kadar kolesterol darah, walaupun Lukman rajin berolahraga. Oleh karena itu melihat begitu banyak keuntungan dari sebutir telur, maka konsumsi telur dianjurkan hanya 1-2 butir per hari, bagi mereka yang tidak memiliki kelainan kadar kolesterol darah.

Umumnya peningkatan kadar kolesterol tidak memberikan tanda dan gejala yang khas, diagnosis ditegakkan dari pemeriksaan kadar kolesterol darah. Dampak kadar kolesterol yang berlebihan akan meningkatkan risiko terjadinya aterosklerosis akibat akumulasi kolesterol pada dinding pembuluh darah arteri, dan akan menimbulkan berbagai keluhan seperti nyeri dada, serangan jantung, stroke, dan lain-lain.

Editor : Dini