Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2013, 08:34 WIB

KOMPAS.com - Saat diet banyak orang menghindari konsumsi daging sapi karena kandungan lemaknya yang tinggi.

"Sebenarnya Anda tak perlu takut gemuk, karena sebenarnya daging tidak membuat Anda jadi gemuk. Yang membuat gemuk adalah lemaknya," jelas Veronique Droulez, Nutrition Manager Meat and Livestock Australia, saat Regional Banquet Innovation Workshops di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, lemak yang menempel di daging memang cukup banyak, yaitu sekitar 13,9 gr per 100 gr daging sapi. Untuk mengurangi kandungan lemak pada daging, Anda harus memangkas (trim) semua lemak daging sampai bersih. Daging yang sudah dibersihkan (lean meat) ini hanya menyisakan lemak sebanyak 2,8 gr per 100 gr daging.

Ada satu trik yang diterapkan Veronique saat menghilangkan lemak daging ini.

"Lemak daging berwarna putih dan biasanya ada di beberapa bagian daging. Namun sebaiknya hanya hilangkan bagian putih yang ada di permukaan daging saja," sarannya.

Hindari memotong lemak putih yang masih ada di tengah daging, karena akan membuat daging jadi terpotong terlalu kecil dan tidak sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

Lagipula sedikit lemak dalam daging ini biasanya akan meleleh saat dipanaskan. Sedikit lemak inilah yang membuat daging terasa lebih gurih

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com