Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Palangkaraya, Cabai Bisa Ditanam di Pasir Kuarsa

Kompas.com - 20/03/2013, 18:57 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com —  Para petani di Desa Sei Gohong, Kecamatan Bukit Batu, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, berhasil memanen cabai merah.

 

Padahal, tanah di Sei Gohong merupakan lahan marjinal berupa pasir kuarsa, tetapi mereka berhasil membudidayakan komoditas tersebut.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalteng Muhammad Nur, di sela-sela panen perdana cabai merah di Sei Gohong, Rabu (20/3/2013), cabai merah termasuk komoditas penyumbang inflasi utama di Kalteng.

Sei Gohong berjarak 38 kilometer sebelah utara dari pusat Kota Palangkaraya.

Warga yang menanam cabai merah tergabung dalam kelompok tani Bersemi. Mereka adalah pelaksana proyek percontohan. Panen dilakukan di lahan seluas 3,5 hektar. Perkiraan total produksi sebesar 5,7 ton per hektar.

Kesulitan yang dihadapi adalah curah hujan tinggi dan serangan hama.  "Petani memasang perangkap hama dan membudidayakan jagung di sekitar tanaman. Saat ini, masih banyak kebutuhan Kalteng dipasok dari Kalimantan Selatan, termasuk cabai merah," ujarnya.

Panen merupakan hasil nota kesepahaman di antara BI Kalteng, Pemerintah Kota Palangkaraya, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangkaraya, Pemerintah Provinsi Kalteng, dan Universitas Palangkaraya.

Kegiatan itu bekerja sama dengan Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Kalteng serta Badan Ketahanan Pangan (BKP) Palangkaraya sebagai dukungan pengembangan teknologi tepat guna agar panen berhasil.

Para petani didampingi dan dibimbing petugas kedua lembaga tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com