Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2013, 08:38 WIB

TANYA :

Kenapa ya dok, beberapa hari ini setiap sehabis minum kopi lalu buang air kecil, pasti air seninya beraroma kopi juga? Apakah ada kemungkinan ginjal saya bermasalah? Terus terang dalam satu hari saya jarang minum, bahkan mungkin hanya sekitar 2 gelas saja. Apakah penyebab air seni beraroma kopi? Apa ginjal saya masih normal?

(Fajrin, 23 Tahun, Pria, 158 cm, 71 kg, Muara Teweh)
 


JAWAB :

Sdr Fajrin di Muara Teweh

Sebelum saya menjawab pertanyaan saudara, saya ingin menegaskan di sini, bahwa ginjal adalah bagian penting organ tubuh yang berfungsi membuang sampah-sampah sisa metabolisme, kelebihan cairan tubuh, zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh yang larut dalam air. Bila ginjal kemudian tidak berfungsi, seperti pada gagal ginjal, tubuh secara keseluruhan akan mengalami masalah serius.

Aroma urin bagaimanapun dapat bervariasi, pada umumnya baunya tidak begitu menyengat. Volume cairan yang kita minum, makanan tertentu, obat-obatan, dan Vitamin yang kita konsumsi dapat mempengaruhi warna dan aroma urin kita. Contoh yang paling menonjol adalah setelah kita mengkonsumsi jengkol, baunya sangat menusuk sekali.

Dalam batas-batas tertentu perubahan aroma urin dapat normal-normal saja, serta sementara. Seperti pada kasus saudara, ada aroma kopi setelah saudara meminumnya,  apalagi bila saudara meminumnya dalam jumlah yang banyak, dan saudara relatif hanya sedikit minum air putih, maka aroma kopi ini akan semakin menonjol. Saya juga sering menerima pasien dengan keluhan yang sama dengan yang saudara alami, pemeriksaan laboratorium menunjukkan fungsi ginjalnya tidak ada masalah, dan setelah saya anjurkan untuk minum air putih dalam jumlah yang lebih banyak, aroma itu kemudian hilang.

Kemudian, terlepas dari aroma kopi pada urin Anda, perubahan warna, dan aroma  yang menyolok pada urin dapat merupakan tanda-tanda penyakit tertentu, seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal dan salurannya, hepatitis, diabetes yang tidak terkontrol, dan sebagainya.

Karena itu,  sebagai saran saya, sebaiknya saudara menambah asupan air putih, 6-8 gelas setiap hari. Insya Allah aroma kopi itu akan hilang dan itu juga lebih baik untuk menjaga ginjal yang lebih sehat.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com