Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2013, 11:12 WIB

TANYA:
 
Dok, saya berusia 25 tahun dan belum menikah. Saya sudah mengalami keputihan selama bertahun-tahun. Kadang keputihan bening, kuning, keruh, terkadang berbau, tetapi juga kadang biasa saja. TErkadang gatal dan tidak.
 
Saya sudah beberapa kali berkonsultasi ke dokter kandungan dan pernah di USG tetapi katanya tidak ada apa-apa. Pernah juga dicek lendir keputihannya katanya positif bakteri dan virus. Oleh dokter saya diberi obat tetapi kenyataannya keputihan masih berlanjut.
 
Apakah ini bisa menyebabkan kanker dok? Bagaimana menyembuhkan keputihan ini. Sebagai informasi, saya pernah tidak lancar haid, bisa sampai 3 bulan tidak haid. Sekarang sudah lancar dan tidak pernah nyeri haid. Mohon penjelasan dan bantuan dokter. Terima kasih.
(Ima, Ponorogo)

JAWAB:

Ima Yth,
Karena sudah lama dan berulang keputihannya, coba di ulang periksa lendir keputihannya. Namanya periksa kultur-resistensi. Nanti akan diketahui nama kumannya dan jenis obatnya. Keputihan seringkali terkait dengan air disekitar rumah atau kantor , pemakaian celana atau aktivitas fisiknya. Pelajari semuanya. Karena bisa saja keputihannya memang normal.

Prinsipnya adalah pelihara suasana vaginal dalam keadaan stabil dan upayakan kering. Kalau mengganggu segera ke dokter. Karena keputihan yang tidak diatasi dengan baik bisa saja menyebabkan komplikasi rusaknya organ reproduksi. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com