Sabtu, 1 Agustus 2015

Health

KONSULTASI KESEHATAN GIGI & MULUT drg. Citra Kusumasari, SpKG
Menyelesaikan pendidikan Dokter Gigi di Universitas Padjadjaran Bandung, kemudian meraih gelar spesialisnya di Universitas Indonesia. Ilmu Karies, Estetik kedokteran gigi, dan perawatan syaraf gigi adalah keahliannya. Praktik di Nice Dental Care Ciputra Medical Center. Lotte Shopping Avenue Fl.5 Ciputra World 1

Penyebab Bibir Kering dan Selalu Mengelupas

Senin, 1 April 2013 | 14:21 WIB

TANYA :

Dok, sudah beberapa bulan ini bibir saya kering dan mengelupas dan saya berusaha untuk mengobatinya dengan memakai pelembab bibir tapi tidak ada hasilnya. Bahkan akhir-akhir ini bibir saya memutih sampai ke sekeliling bibir dan sesekali gatal. Mengapa seperti itu dok...dan bagaimana cara penyembuhannya? Atas bantuan dokter saya ucapkan terimakasih.

(Elvri Simbolon, 42 th, Tarutung)


JAWAB :

Ibu Elvri yang baik,

Berdasarkan gejala-gejala yang anda sebutkan mengenai bibir anda, kemungkinan terbesar anda sedang mengalami Keilitis Moniliasis.
Keilitis Moniliasis adalah peradangan pada bibir yang berkaitan dengan Candida albicans dan kebiasaan menjilat bibir.

Organisme Candida dapat masuk ke lapisan dalam bibir setelah lapisan tipis bibirnya rusak, yang disebabkan oleh keadaan basah dan kering yang berulang-ulang dari jaringan-jaringan bibir.

Akibatnya terjadi pengelupasan lapisan epitel permukaan dan dapat terlihat sisik keputihan halus. Keluhan-keluhan yang sering dijumpai pada keadaan ini adalah bibir merekah, kering, gatal, rasa terbakar, dan tidak dapat makan makanan yang pedas.

Reaksi hipersensitif terhadap bahan-bahan yang terdapat di dalam pelembab bibir atau lipstik dapat mirip gejalanya seperti yang telah disebutkan diatas.

Perawatan yang dapat dilakukan untuk kasus ini adalah menghentikan kebiasaan menjilat bibir, menghentikan terlebih dahulu pemakaian pelembab bibir atau lipstik jika menimbulkan gejala tersebut, dan pemberian salep nistatin (salep anti jamur) yang dapat diperoleh dengan resep oleh Dokter Gigi.

Untuk penegakan diagnosa, sebaiknya anda datang ke Dokter Gigi Spesialis Penyakit mulut (Drg., Sp.PM). Sehingga perawatan yang diberikan akan sesuai dengan hasil pemeriksaan langsung terhadap bibir anda.

Demikian Ibu Elvri, semoga lekas sembuh.

Salam gigi sehat.

 

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat