Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar ASI Lancar, Perlukah Rawat Payudara Sejak Kehamilan?

Kompas.com - 10/04/2013, 09:20 WIB

TANYA :

Assalamu'alaikum Wr Wb.  Dear konselor,  usia kehamilan saya sekarang sudah mencapai 39 minggu. Tetapi payudara saya kok tidak memperlihatkan tanda-tanda akan keluar ASI. Hanya ukurannya saja yg lebih besar dibandingkan sebelum hamil. Kalau saya membaca dari beberapa artikel, salah satu cara agar ASI keluar  adalah dengan membersihkan payudara. Yang ingin saya tanyakan "bagaimana cara yang tepat membersihkan payudara agar ASI saya keluar.  Saya ucapkan banyak terima kasih atas jawabannya.

(Dewi Fauziah, 25, Jakarta)


JAWAB :

Hai ibu Dewi,

Selamat ya atas kehamilannya. Hebat nih sudah mempersiapkan diri untuk menyusui sejak hamil.

Tubuh kita para wanita sudah dirancang Allah dengan sangat luar biasa. Payudara seorang wanita sudah mempersiapkan produksi ASI sejak usia kehamilan 16-22 minggu. Tapi karena hormon kehamilan ASI belum keluar, ada beberapa ibu mungkin merasakan ada ASI yang keluar saat hamil, tetapi beberapayg lain tidak.

Hal tersebut bukan ukuran kemampuan ibu untuk menyusui. Saat kita nanti melahirkan, plasenta dikeluarkan dari rahim kita, ASI akan otomatis keluar dalam bentuk kolostrum. Inisiasi Menyusu Dini (IMD), rawat gabung dan menyusui semau bayi akan membantu produksi ASI menjadi lancar.

Selama hamil, payudara tidak membutuhkan persiapan khusus. Puting payudara akan semakin lentur secara alamiah. Cukup dengan membersihkan puting dengan kapas dicelup air hangat setiap kali mandi. Tidak perlu dengan sabun atau baby oil. Karena di sekitar puting, di daerah gelap yang disebut areola, terdapat kelenjar yg memproduksi pelembab alami yang akan menjaga kelembaban areola.

Kalau boleh saya memberikan saran, sebagai persiapan untuk sukses menyusui, ibu bisa mengikuti kelas edukASI AIMI. Banyak materi yang bisa dipelajari seputar persiapan menyusui. Info lengkap bisa diperoleh di akun twitter kami @aimi_asi.

Semoga membantu.

Salam ASI

Rachmadhani
Konselor Laktasi
Ketua AIMI Jawa Tengah
dhani@jateng.aimi-asi.org
twitter @EmakSukmaAta
fb: Dhani Yuniarco

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com