Selasa, 4 Agustus 2015

Health

Amankah Menyimpan ASI di Kulkas Biasa?

Jumat, 26 April 2013 | 09:29 WIB

TANYA :

Dear konsultan laktasi, saya adalah seorang ibu bekerja. Saat ini, saya memompa ASI saya di kantor untuk bayi saya usia 1,4 bulan. Sayangnya, di kantor saya tidak ada freezer, melainkan hanya kulkas biasa. Dan untuk perjalanan pulang, asip saya bawa dengan cooler bag dengan ice gel yang sudah beku. Setelah sampai di rumah, ASI saya langsung disimpan di freezer. Pertanyaan saya, apakah kualitas asi saya masih layak konsumsi? Mengingat di kantor hanya disimpan di kulkas. Padahal saya di kantor memompa dari jam 10  sampai rumah jam 19 (tersimpan dengan suhu biasa/kulkas selama 9 jam). Mohon bantuannya, saya sangat ingin memberikan asip saya sampai 2 tahun untuk bayi saya. Terima kasih banyak dan salam..

(Ila Zuli, 30 , Jakarta)


JAWAB :

Dear Ila,

Salut atas semangatnya tetap memberikan ASI saat bekerja, apalagi usia bayinya masih 1,4 bulan,  usia yang sangat membutuhkan ASI dari ibunya. Penyimpanan ASI di tempat kerja tidak mengharuskan disimpan di freezer sebelum dibawa ke rumah. Daya tahan ASI Perah segar di kulkas bisa mencapai 3 hari (asal tidak diletakkan di bagian pintu) dan bahkan dalam kondisi yang sangat bersih bisa mencapai 8 hari.

Sehingga kalau ASI Perah segar disimpan di kulkas kantor selama 9 jam dan kemudian dibawa menggunakan cooler bag selama perjalanan pulang, dan baru disimpan di freezer (jika tidak akan dipakai dalam 3 hari ke depan) atau di kulkas (jika akan dipakai dalam 3 hari) maka termasuk kategori ASI yang layak minum menurut masa simpannya.

Penting juga untuk memperhatikan cara pemberian ASI Perah selama ditinggal bekerja. Gunakan media selain dot seperti gelas, cangkir, pipet, sendok atau spuit. Hal ini diperlukan untuk mencegah bayi mengalami bingung puting saat kembali menyusu dengan ibunya. Jika masih ada yang kurang jelas mengenai cara pemberian ASI Perah menggunakan media non dot, ibu Ila dapat menghubungi Sekretariat  AIMI di 021-72787243 untuk membuat janji dengan Konselor Menyusui AIMI.

Tetap semangat memberikan ASI sampai 2 tahun atau lebih :)

Salam ASI,


Astri Pramarini, dr, IBCLC
(Ketua AIMI Jawa Timur)

 

Editor : Asep Candra