Sabtu, 1 November 2014 07:21

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

Tambah Sehat Berkat Pelihara Hewan

Penulis : Lusia Kus Anna | Selasa, 30 April 2013 | 13:43 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

KOMPAS.com - Banyak orang yang ragu memelihara hewan karena membuat pengeluaran bertambah, belum lagi harus menyisihkan waktu untuk merawatnya. Tetapi, manfaat yang Anda dapatkan berlipat dari investasi yang dikeluarkan.

Memelihara hewan-hewan lucu bukan hanya membuat Anda dan seluruh keluarga lebih aktif secara fisik, tapi juga mengurangi stres dan bahagia karena cinta dan perhatian yang diberikan si hewan kesayangan.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari memelihara hewan.

1. Lebih aktif
Memelihara anjing akan membuat Anda dan anggota keluarga lain jadi lebih banyak bergerak. Setidaknya untuk mengajak "si doggie" bermain dan berjalan-jalan. Dalam penelitian terhadap 2.071 anak di Inggris, terungkap anak-anak yang memilihara anjing lebih aktif secara fisik.

2. Menyehatkan jantung
Menurut pusat pencegahan dan pengendalian penyakit, AS, memiliki hewan akan menurunkan tekanan darah dan lemak darah trigliserida. Penelitian selama 20 tahun juga menunjukkan orang yang memilihara kucing cenderung terhindar dari penyakit jantung. Para pemilik anjing juga diketahui lebih jarang terkena hipertensi.

3. Mencegah alergi
Penelitian menunjukkan, memelihara anjing atau kucing di rumah akan mengurangi risiko alergi dalam jangka panjang. Meski begitu anjing dan bulu kucing adalah pemicu alergi pada sebagian orang, karena itu sebaiknya Anda tetap berhati-hati jika ada anggota keluarga yang sudah mengidap alergi.

4. Empati dan kasih sayang
Memelihara hewan akan mengajarkan anak-anak tentang empati dan kasih sayang. Sebaiknya orangtua menyesuaikan level tanggung jawab anak terhadap hewan peliharan dengan usia dan kemampuannya. Misalnya saja, anak berusia 5 tahun sudah bisa memberikan makan atau mengajak anjing jalan-jalan.

5. Bersahabat
Memiliki hewan kesayangan akan membantu kita belajar persahabatan. Bagi anak-anak berkebutuhan khusus, seperti autisme, memelihara hewan diketahui akan meningkatkan keterampilan sosial mereka. Para pemilik hewan peliharaan juga cenderung lebih mudah ngobrol dan diajak ngobrol orang lain.

6. Manajemen kesehatan
Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Seizure meneliti tentang manfaat memelihara hewan pada keluarga yang anggotanya mengidap epilepsi. Penelitian menunjukkan, memiliki hewan peliharaan mengurangi kekambuhan kejang dan mengurangi stres.

 


Sumber :
Everyday Health

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui